Erick Thohir Izinkan Bendera Palestina Berkibar di Stadion

ZQSCORE.NEWS – Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI), Erick Thohir, membolehkan bendera Palestina berkibar di stadion ketika bergulirnya pertandingan Piala Dunia U17 2023, termasuk Liga Indonesia.

Menurutnya, FIFA tidak mempermasalahkan pengibaran bendera sebagai simbol dukungan pada kemanusiaan dan perlindungan HAM. Dia menyebut kalau sudah mengonfirmasi ini langsung kepada FIFA.

Sebab, bendera palestina bukanlah unsur politik. Tapi sebagai bentuk dukungan kepada Negara Palestina.

“FIFA menghargai kebebasan berekspresi. Apalagi pada perlindungan HAM dan kemanusiaan. Ini terutama dalam konteks pengibaran bendera Palestina. Jadi PSSI dalam hal ini menegaskan tidak ada pelarangan apalagi sanksi,” kata Erick Thohir dalam laman resmi PSSI.

Erick Thohir pun mengomentari isu yang berkembang bahwa Komite Disiplin PSSI menjatuhi sanksi pada Persiraja Banda Aceh akibat adanya suporter yang mengibarkan bendera tersebut.

Menurut Erick hal itu adalah sebuah disinformasi yang disebarkan oleh oknum tak bertanggung jawab.

Sebab, kata Erick, yang menjadi sorotan dalam kasus itu bukanlah soal pengibaran bendera Palestina. Tapi soal suporter melakukan pitch invasion.

“Jadi tegas yang terjadi di Persiraja bukan karena ada suporter mengibarkan bendera Palestina tapi soal suporter yang melakukan pitch invasion yang hal itu tidak diperkenankan. Apalagi kita sangat ketat menerapkan standar keamanan di lapangan seusai peristiwa Kanjuruhan,” tutup Erick Thohir.

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts