Timnas Voli U-20 Bidik Empat Besar di Asian Men’s U-20 2024

ZQSCORE.NEWS – Pengurus Pusat Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PP PBVSI) mematok target menembus empat besar di Asian Men’s U-20 Volleyball Championship 2024 (AVC). Saat ini, persiapannya sudah 95 persen.

AVC 2024 yang merupakan edisi ke-22 ini akan diselenggarakan di Jawa Pos Arena dan Gelora Pancasila Surabaya, pada 23-30 Juli mendatang.

Kejuaraan dua tahunan yang merupakan babak kualifikasi Kejuaraan Dunia U-21 ini diikuti 16 negara yang dibagi dalam empat pul. Setiap pul diisi oleh empat negara. Dua tim teratas nantinya maju ke perempatfinal.Indonesia yang berintikan pemain-pemain tim Proliga dengan nama Jakarta Garuda Jaya, berada satu pul dengan Hong Kong, Saudi Arabia, dan Australia di Pul A.

Sementara Pul B terdiri dari juara bertahan Iran, Qatar, dan China. Adapun Pul C diisi Jepang, India, Bahrain, dan Kuwait. Serta Pul D ditempati Thailand, Vietnam, Korea Selatan, dan Kazakhstan. Nantinya, juara-juara dari pul tersebut akan menjadi wakil Asia.

Ketua Umum PP PBVSI Imam Sudjarwo mengatakan Indonesia mendapat kehormatan oleh Konfederasi Bola Voli Asia (AVC) menjadi tuan rumah kejuaraan bertaraf internasional tersebut.

Dengan ditunjuk menjadi host itu, PBVSI membentuk tim Garuda Jaya yang terdiri dari pemain muda dari beberapa daerah di Tanah Air.

“Persiapan kami sudah 95 persen, bahkan sudah setengah bulan, tim kita Garuda Jaya sudah bergeser Surabaya untuk latihan secara efektif dan efisien di sana,” kata Imam dalam jumpa persnya di Kantor SCTV, Senayan City, Rabu (17/7).

Imam optimistis, tim voli Indonesia mampu menjadi juara Pul A. Terlebih melihat persiapan-persiapan yang sudah mereka lakukan jauh-jauh hari. Salah satunya uji coba sebanyak 12 kali.

“Persiapan kita sudah sangat cukup ya. Sebelumnya saja, tim kita sudah menghadapi lawan tanding yang berat-berat, seniornya, bahkan ada lawan tandingnya dari pemain asing. Ya di Proliga itu,” dia mengungkapkan.

“Ini luar biasa lo. Dibandingkan kita latihan ke luar negeri. 12 kali itu tak mungkin kita latih tanding di luar negeri. Dan belum tentu mendapatkan lawan seperti di Proliga. Itu satu.”

“Kemudian yang kedua, Garuda Jaya melawan tim-tim senior waktu AVC Champion Cup di Bahrain. Itu luar biasa. Ditambah dengan uji coba-uji coba dengan klub- klub lain,” lanjut pria berusia 68 tahun tersebut.

“Jadi persiapannya sudah sangat luar biasa dan mudah-mudahan dukungan masyarakat Indonesia kita bisa masuk empat besar. Karena target kita empat besar. Karena empat besar itu masuk Piala Dunia U-21. Jadi itu target kita semoga bisa tercapai,” ungkapnya.Menyoal persaingan, Komjen Pol Purnawirawan Polri ini menjelaskan tim Garuda Jaya diyakini mampu bersaing dengan Hong Kong, Australia, dan Saudi Arabia.

“Di pool kita tidak terlalu (sulit). Ada Hong Kong, itu bisa diatasi lah, kemudian untuk Australia, kemudian Arab Saudi. Mereka jangan dilihat Timnasnya, tapi U-20, jadi bisa lawan lah untuk tiga negara ini,” kata Imam.

“Karena target kami empat besar. Dan yang terbaik dari empat pool itu cuma diambil satu-satu untuk Pildun U-21. Juara Poolnya. Nanti Pool A, B, C, D diambil satu-satu. Nah, target kita di sana. Nanti dilawankan lagi tak apa. Yang penting kita masuk empat besar,” dia mempertegas.

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts