Nova Arianto Coret 7 Pemain Jelang Kualifikasi Piala Asia U-17 2025

ZQSCORE.NEWS – Pelatih timnas U-17 Indonesia, Nova Arianto, mengungkapkan bahwa ia akan mencoret tujuh pemain dari 30 nama yang saat ini mengikuti pemusatan latihan (TC) jelang Kualifikasi Piala Asia U-17 2025. Hal ini dilakukan untuk memenuhi kuota pemain yang hanya mengizinkan 23 pemain terdaftar untuk ajang tersebut.

Keputusan ini diambil Nova Arianto setelah skuad Garuda Asia menjalani TC di Spanyol dan Qatar sebagai bagian dari persiapan menuju turnamen besar tersebut.

Saat ini, timnas U-17 Indonesia tengah berada di Spanyol sejak keberangkatan mereka dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta pada Minggu (15/9/2024). Selama di Negeri Matador, tim Garuda Asia tidak hanya akan berlatih tetapi juga berpartisipasi dalam turnamen yang mempertemukan mereka dengan tim-tim kuat seperti Skotlandia, Swiss, dan Kepulauan Faroe pada 18-21 September 2024. Turnamen ini menjadi uji tanding penting bagi para pemain muda Indonesia dalam menghadapi tantangan di level internasional.

Setelah menyelesaikan TC di Spanyol, skuad Nova Arianto akan melanjutkan perjalanan ke Qatar pada 1 Oktober 2024. Di Qatar, mereka akan melanjutkan persiapan intensif hingga 10 Oktober 2024, sebelum akhirnya bertolak ke Kuwait untuk bertarung di babak Kualifikasi Piala Asia U-17 2025 yang digelar pada 19-27 Oktober 2024. Dalam turnamen tersebut, Indonesia tergabung di Grup G bersama Australia, Kuwait, dan Kepulauan Mariana Utara.

Pencoretan tujuh pemain bukanlah keputusan yang mudah bagi Nova Arianto. Dengan membawa 30 pemain ke Spanyol dan Qatar, ia dihadapkan pada tugas berat untuk memilih pemain-pemain terbaik yang akan tampil di Kualifikasi Piala Asia U-17.

Nova menyebut bahwa proses seleksi ini dilakukan setelah pemain menjalani serangkaian uji coba internasional yang diharapkan dapat memperkuat mental serta kemampuan teknis mereka.

“Kami membawa 30 pemain ke Spanyol dan Qatar. Sebelum ke Kuwait, tim ini akan menjadi 23 pemain,” ujar Nova Arianto.
Ia menambahkan bahwa turnamen di Spanyol dan Qatar akan menjadi pengalaman berharga bagi para pemain muda yang belum pernah merasakan kompetisi internasional di luar negeri.

Salah satu aspek yang menjadi perhatian utama Nova Arianto adalah mentalitas pemain. Menurutnya, berhadapan dengan tim-tim yang memiliki level permainan lebih tinggi merupakan tantangan besar yang diharapkan dapat membentuk karakter dan ketangguhan mental anak asuhnya.

“Ini akan menjadi pengalaman pertama bagi pemain timnas U-17 Indonesia yang merasakan uji coba internasional di luar Indonesia. Apalagi lawan-lawan yang kami hadapi ini level permainannya lebih baik dari kami. Ini tentu tidak mudah, tetapi saya ingin melihat mental pemain serta melihat rencana yang akan kami buat di Kuwait nantinya,” jelasnya.

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts