Tren Naturalisasi Merambah Malaysia, Ikuti Jejak Indonesia

ZQSCORE.NEWSTimnas Malaysia mulai ikuti jejak Indonesia dengan menaturalisasi pemain keturunan untuk tingkatkan performa di kancah sepak bola internasional.

Berdasarkan jawaban FIFA, FAM (Federasi Sepakbola Malaysia) menegaskan bahwa Mats Deijl tidak bisa mewakili timnas Malaysia karena darah Malaysianya berasal dari nenek moyangnya (ibu pemain hingga kakek pemain) dan tidak setingkat dengan kakek atau nenek pemain sebagaimana ketentuan oleh FIFA.

Kini, setelah gagal menaturalisasi Mats Deijl, FAM tidak berhenti begitu saja. Mereka ingin menggiatkan pendataan pemain di luar negeri yang memiliki keturunan Malaysia sehingga bisa dinaturalisasi dan membela Harimau Malaya.

Wakil Presiden FAM Datuk Wira Mohd Yusoff Mahadi mengatakan, hal ini dilakukan untuk meningkatkan daya saing Timnas Malaysia di level internasional.

“Saya kira faktor ini akan menjadi katalisator untuk mengangkat timnas ke level yang lebih tinggi. Kalau kita lihat beberapa tahun terakhir, sulit bagi pemain mewakili negara. Ketika menghadapi kekalahan, semangat untuk mewakili negara terlihat luntur,” kata Yusoff Mahadi dilansir dari Bernama. 

“Kalau kita punya 11 Arif Aiman [pemain sayap kanan Johor Darul Ta’zim], tentu kita tidak butuh pemain asing, tetapi untuk mencapai level itu, kita butuh membangun tim yang bisa bersaing. Tanpa pemain yang muncul dari proses ini, akan sulit,” ujarnya menambahkan.

Timnas Malaysia baru saja memulai gencar ingin menaturalisasi pemain keturunan, sedangkan Timnas Indonesia sudah sejak lama dan kini dampaknya skuad Garuda bisa bersaing di level Asia.

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts