Kontingen Sumut Siap Tempur di Peparnas 2024, Target Naik!

ZQSCORE.NEWS – Pj Gubernur Sumut, Agus Fatoni, yakin kontingennya akan meraih prestasi gemilang di Peparnas 2024. Dengan persiapan matang, Sumut siap bersaing dan melampaui target.

“Sumut mengutus 164 orang pada ajang Peparnas Solo 2024 yang terdiri dari 99 atlet, 34 pelatih, 30 ofisial dan satu ketua kontingen. Jumlah tersebut meningkat signifikan dibanding Peparnas sebelumnya, dimana Sumut hanya mengutus 110 kontingen,” ujar Agus Fatoni, di Solo, Rabu.

Dia membeberkan keyakinannya itu dilihat dari atlet yang diberangkatkan di ajang olahraga nasional disabilitas tersebut lebih banyak jika dibandingkan di Peparnas Papua.

Selain itu, Fatoni menyebut olahraga di Sumut juga tengah posisi terbaik mengingat pada Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 kontingen wilayah itu tampil mengejutkan dengan meraih posisi ke empat dari posisi 13 PON Papua.

“Kita juga baru saja selesai sebagai tuan rumah PON dengan finis di posisi keempat, naik dari posisi ke-13 di PON sebelumnya. Hal itu menjadi keyakinan kita sehingga Sumut tampil maksimal di Peparnas 2024,” kata dia.

Untuk itu, dia menyakini bahwa atlet yang mengikuti Peparnas 2024 tersebut dapat memberikan yang terbaik dengan meraih posisi tiga besar klasemen atau lebih tinggi dari Peparnas sebelumnya.

Agus Fatoni sebelumnya langsung melepas keberangkatan kontingen Sumut yang menargetkan 35 medali emas dengan meraih tiga besar di klasemen Peparnas 2024.

“Saya meminta semua atlet bisa menjadi pelaku sejarah dan bisa memberikan prestasi terbaik di Peparnas ini. Sekaligus menjadi kebanggaan bagi keluarga, Provinsi Sumut, bahkan Indonesia,” sebut dia.

Ketua National Paralympic Committee (NPC) Sumatera Utara Alan Sastra Ginting mengatakan bahwa Sumatera Utara mengirimkan 99 atlet dengan 14 cabang olahraga yang diikuti.

“Ke-14 cabang olahraga tersebut adalah atletik, boccia, angkat berat, anggar kursi roda, bulutangkis, para cycling (sepeda), dan catur, Kemudian judo tuna netra, para panahan, para renang, para tenis meja, tenis kursi roda, para taekwondo, dan bowling,” ujar Alan.

Kontingen Sumut hingga hari kedua pelaksanaan Peparnas 2024 sudah mengkoleksi 11 medali emas, 9 perak, 9 perunggu, dan sementara berada di posisi empat klasemen sementara perolehan medali.

Pemuncak klasemen sementara masih ditempati tuan rumah Jawa Tengah dengan 50 emas, 40 perak, 35 perunggu. Diikuti Jawa Barat dengan 40 emas, 40 perak, dan 41 perunggu, serta Riau di posisi tiga dengan 13 emas, 9 perak, 19 perunggu.

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts