Rooney Terkejut Tuchel Jadi Pelatih Timnas Inggris

ZQSCORE.NEWSWayne Rooney mengaku terkejut dengan penunjukan Thomas Tuchel sebagai pelatih baru Timnas Inggris. Mantan kapten MU itu hanya bisa mendoakan yang terbaik untuk Tuchel.

Tuchel ditunjuk sebagai pelatih baru timnas Inggris dengan kontrak selama 18 bulan. Pria Jerman itu secara resmi akan memulai tugasnya pada 1 Januari 2025.

Penunjukkan Tuchel ini menimbulkan pro dan kontra di Inggris. Ada banyak mantan pemain yang mempertanyakan keputusan Inggris mengontrak pelatih dari luar Inggris.

Padahal FA sempat diisukan akan mempermanenkan posisi Lee Carsley sebelum akhirnya ditolak. Alhasil, FA seperti kehabisan opsi pelatih lokal dan memilih Tuchel asal Jerman, negara yang selalu jadi rival Inggris di sepakbola Eropa.

Keputusan FA ini menimbulkan pertanyaan di benak Rooney yang merupakan mantan bintang Timnas Inggris. Sebab, FA selama ini sudah punya pakem untuk mempromosikan pelatih tim level usia muda untuk naik ke tim senior.

Ini berlaku di era Gareth Southgate yang sebelum menggantikan Roy Hodgson pada 2017, berstatus manajer tim U-21. Namun, Rooney tetap mendoakan yang terbaik untuk karier Tuchel di Inggris.

“Saya terkejut. Dia pelatih hebat tapi saya terkejut FA menunjukkan. Tapi, saya doakan yang terbaik untuknya dan berharap dia tampil oke,” ujar Rooney seperti dikutip BBC.

Rooney sendiri pernah dilatih dua orang asing di Timnas Inggris, yakni Sven-Goran Eriksson dan Fabio Capello.

“FA sudah membangun wadah yang bagus selama 10-15 tahun untuk perkembangan karier pelatih muda, sehingga saya terkejut mereka tidak mengambil dari sana. Tapi, seperti yang saya bilang, mereka sudah memutuskan dan saya mendoakan yang terbaik untuknya, saya berharap dia bisa bekerja dengan baik bersama kami,” sambung pria yang kini menangani Plymouth Argyle itu.

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts