Persib Dilarang Punya Penonton Sampai Tengah Musim

ZQSCORE.NEWS – Komite Disiplin (Komdis) PSSI sudah memutuskan sanksi buat Persib Bandung berupa larangan menghadirkan penonton di laga kandang sampai tengah musim Liga 1.

Total ada lima kandang sisa di Liga 1 2024/25 yang masih harus dijalani Persib sampai pertengahan kompetisi, yakni laga melawan Persebaya Surabaya, Semen Padang, Borneo FC Samarinda, Malut United, dan Persita Tangerang.

Setelah laga melawan Persita, sanksi buat Persib Bandung sudah selesai. Laga kandang melawan Dewa United pada 17 Januari 2025 akan menjadi yang pertama buat Persib terbebas dari hukuman.

“Sanksi dilarang menyelenggarakan pertandingan dengan penonton saat menjadi tuan rumah sampai separuh musim Kompetisi BRI Liga 1 Tahun 2024/2025, dengan rincian yaitu penutupan seluruh stadion sebanyak 2 (dua) pertandingan secara berturut-turut berlaku pada pertandingan terdekat dan dilanjutkan penutupan sebagian stadion yaitu Tribun Utara dan Tribun Selatan sebanyak 3 (tiga) pertandingan secara berturut-turut; denda Rp.295.000.000,” tulis rilis PSSI.

Larangan kehadiran penonton berlaku untuk laga kandang Persib Bandung melawan Persebaya dan Semen Padang. Sementara tiga laga selanjutnya cuma tribune utara dan selatan yang ditutup untuk laga kandang melawan Borneo, Malut, dan Persita.

Ratusan bobotoh mengamuk usai laga Persib Bandung vs Persija Jakarta di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Senin (23/9/2024). (Foto: MPI)

Sanksi ini merupakan imbas kericuhan yang terjadi setelah laga kandang Maung Bandung melawan Persija Jakarta pada 23 September lalu. Bobotoh masuk ke lapangan setelah laga berakhir dan melakukan penyerangan ke steward pertandingan.

Aksi itu dilakukan Bobotoh untuk ‘balas dendam’ atas dugaan penganiayaan yang dilakukan steward sebelumnya. Salah seorang Bobotoh mengaku mendapat intimidasi dari steward seusai laga Persib melawan Port FC di ajang AFC Champions League 2 pada 19 September.

“Terjadi penyalaan flare dalam jumlah banyak, pelemparan air mineral dalam botol dan plastik ke arah steward di pinggir lapangan, masuknya penonton ke area lapangan pertandingan yang mengakibatkan penganiayaan dan kerusuhan serta adanya korban luka-luka,” tulis bunyi vonis Komdis PSSI.

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts