Persis Solo U-20 Raih Gelar Juara di Final EPA Liga 1 U-20 2023/2024

ZQSCORE.NEWS – Persis Solo U-20 memastikan diri sebagai juara Elite Pro Academy Liga 1 U-20 2023/2024 setelah mengakhiri perlawanan sengit dari Persita Tangerang dengan skor akhir 3-1. pertandingan berlangsung di Stadion Manahan, Solo, Kamis (7/3/2024) sore WIB.

Final ini, selain menjadi panggung penentuan bagi para pemain, juga mencatatkan sejarah sebagai uji coba perdana penggunaan teknologi Video Assistant Referee (VAR) di kompetisi resmi sepak bola Indonesia di bawah naungan PSSI.

Pertandingan dimulai dengan penuh intensitas, di mana Persis Solo U-20 yang tampil di kandang sendiri langsung menggempur lini pertahanan tim Persita Tangerang.
Dua peluang awal berhasil dimentahkan oleh kiper Persita U-20, Rizwan Haikal. Namun sayang Persis Solo U-20 harus menelan kebobolan lewat serangan balik yang baik dari Ikwan Ali Tanamal pada menit ke-19.

Persis Solo U-20 tak patah semangat, gol akhirnya tercipta setelah Dicky Daniel Pontolaeng berhasil menjebol gawang Persita Tangerang U-20 pada menit ke-30.
Babak pertama ditutup dengan skor 1-1 setelah serangkaian peluang dari kedua tim tidak menghasilkan gol tambahan.

Babak kedua dimulai dengan inisiatif serangan dari Persis Solo U-20, yang akhirnya membuahkan hasil enam menit setelah laga dimulai. Ibnul Mubarak mencatatkan dirinya di papan skor setelah memanfaatkan kemelut di situasi tembakan penjuru.

Meski Persita Tangerang U-20 meningkatkan intensitas serangan, Persis Solo U-20 tetap dominan. Dicky Daniel Pontolaeng mencetak brace pada menit ke-74, memperlebar keunggulan menjadi 3-1.

Persita Tangerang U-20 mendapatkan peluang emas dari tendangan Ikwan Ali Tanamal pada menit ke-70, namun kiper Persis Solo U-20, Nova Romadhona, berhasil menggagalkannya.

Drama terjadi pada menit ke-85 ketika Persita Tangerang U-20 mendapatkan hadiah penalti setelah Kaka Reda Depriadi ditekel oleh Surya Dharma Putra di dalam kotak pinalti. Namun, setelah konsultasi dengan VAR, wasit Thoriq Alkatiri memutuskan untuk menganulir penalti tersebut karena Kaka Reda dianggap melakukan diving sebelum ditekel.

Tanpa adanya gol tambahan di sisa waktu, Persis Solo U-20 resmi meraih gelar juara Elite Pro Academy Liga 1 U-20 2023/2024. Final ini tidak hanya menjadi penentu keberhasilan tim, tetapi juga menandai sejarah dengan uji coba sukses penggunaan teknologi VAR yang diharapkan akan meningkatkan fair play dan keadilan dalam sepak bola Indonesia.

Foto : Sasongko Dwi Saputro/BOLASPORT.COM

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts