Seluruh Stadion dalam Laga Liga 1 Sudah Siap Untuk Menerapkan VAR

ZQSCORE.NEWS – PT Liga Indonesia Baru (LIB) telah mengisyaratkan kesiapan semua stadion di Liga 1 untuk menerapkan teknologi Video Assistant Referee (VAR).
Asep Saputra, Direktur Operasional PT LIB, mengungkapkan rencana penggunaan VAR yang dijadwalkan dimulai pada babak Championship Series Liga 1 2023/2024.

Sebagai langkah awal, empat tim teratas dalam klasemen Liga 1 2023/2024, yaitu Borneo FC Samarinda, Persib Bandung, PSIS Semarang, dan Bali United, akan berhak melaju ke Championship Series. Asep Saputra menekankan bahwa kesiapan stadion untuk mengadopsi VAR menjadi fokus utama, termasuk lisensi wasit, dan ketrampilan operator.

“Kesiapan stadion pertama yang harus diluruskan adalah VAR-nya harus siap. Kedua, wasit yang terlisensi, dan ketiga adalah operatornya. Lalu, bagaimana implementasi stadion, liga sekarang tergantung pada tim feeding produksi, jadi kamera yang digunakan untuk broadcast itulah yang termasuk dalam VAR.” ujar Asep Saputra.

Asep Saputra menambahkan bahwa mereka telah menyiapkan 12 VAR mobile sebagai antisipasi jika terdapat stadion yang masih terkendala untuk dipasang secara permanen.

“Tapi kalau untuk Championship Series, kalau stadionnya tidak memungkinkan, maka kita sudah menyiapkan 12 VAR dalam van, mobile. Tinggal bagaimana menyiapkan menuju ke stadion, dan tinggal menyambungkan ke review wilayah/lapangan. Jadi, itu sesuatu yang sangat mungkin dilakukan,” jelasnya.

Dalam langkah revolusioner ini, PT LIB bekerja sama dengan Hawk-eye untuk menerapkan VAR. Asep Saputra memastikan bahwa tim mereka memiliki pengalaman, terutama setelah melibatkan tim yang terlibat dalam Piala Dunia U-17 2023.

Penerapan VAR pertama kali diuji coba dalam laga final EPA U-20 Liga 1 2023/2024 antara Persita Tangerang dan Persis di Stadion Manahan Solo, Jawa Tengah, pada Kamis (7/3/2024).

“Ini bukan penetapan, ini trial. Kenapa tidak di Liga 2 atau Liga 1? Karena kita selalu komitmen diterapkan dalam satu pertandingan akan diterapkan terus,” kata Asep Saputra, menegaskan bahwa langkah ini adalah bagian dari komitmen untuk kesinambungan dan peningkatan profesionalisme, terutama dalam kompetisi Liga 1 yang memiliki tingkat kompetitif yang tinggi.

Foto : BOLASPORT.COM/ABDUL ROHMAN

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts