Filipina Gunakan Strategi Long Throw-In Ala Timnas U-16 Indonesia, Yuki Matsuda Akui Keunggulan Lawan

ZQSCORE.NEWS – Ada yang menarik pada laga kedua ASEAN Cup U-16 2024 di Stadion Manahan, Senin (24/6/2024) malam WIB, saat Timnas U-16 Indonesia mengalahkan Filipina dengan skor 3-0. Selain kemenangan telak yang diraih Garuda Asia, strategi long throw-in yang diterapkan oleh Filipina turut mencuri perhatian.

Pelatih Filipina, Yuki Matsuda, mengakui bahwa timnya menggunakan strategi lemparan ke dalam jauh (long throw-in) yang sama persis dengan Timnas U-16 Indonesia.
Fabio Azkairawan dari Indonesia pertama kali menunjukkan efektivitas strategi ini saat memberikan assist melalui lemparan ke dalam kepada Mochamad Mierza pada laga melawan Singapura.
Namun, saat melawan Filipina, Fabio tidak diturunkan sebagai starter, dan justru Filipina yang kerap menggunakan strategi tersebut.

Bek kanan Filipina, Elijah Sarana, beberapa kali melakukan lemparan ke dalam jauh di sisi pertahanan Indonesia. Menanggapi hal ini, Yuki Matsuda mengakui bahwa strategi ini memang serupa dengan yang digunakan oleh Timnas U-16 Indonesia.

“Ya, bek kanan kami memang bisa melakukan long throw-in itu. Ini jadi semacam varian taktik. Kami juga punya pemain yang tinggi. Kita melempar bola ke arah pemain yang tinggi itu (untuk mencetak gol), atau kita bisa mendapatkan second ball. Ya, sama dengan taktik Indonesia.” kata Yuki Matsuda.

Meskipun Filipina mampu menahan imbang Indonesia tanpa gol di babak pertama, perubahan taktik yang dilakukan oleh pelatih Nova Arianto di babak kedua membuahkan hasil manis bagi Garuda Asia. Tiga gol tercipta di babak kedua, dengan Evandra Florasta mencetak gol pembuka, diikuti dengan dua gol tambahan dari Muhamad Mierza Firjatullah.

Yuki Matsuda memberikan pujian terhadap perubahan taktik yang dilakukan oleh Indonesia.

“Karena anda tahu Indonesia mengganti tujuh nama di babak pertama. Poinnya adalah bahwa mereka kemudian melakukan perubahan taktiknya dari babak kedua. Jadi, mereka melakukan pergantian, mereka juga mengubah jalannya pertandingan. Saya pikir Indonesia melakukan cara yang bagus di babak kedua. Mereka juga menunjukkan struktur yang bagus di babak kedua.” ujar Yuki.

Dengan dua kekalahan berturut-turut, Timnas U-16 Filipina dipastikan tersingkir dari ASEAN Cup U-16 2024. Meskipun begitu, penampilan mereka terutama di babak pertama melawan Indonesia menunjukkan potensi yang bisa dikembangkan lebih lanjut.

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts