Garuda Muda Berjaya di AFF U-16, Raih Peringkat Ketiga dengan Kemenangan Telak 5 – 0 Atas Vietnam

ANTARA FOTO . MOHAMMAD ATUDHA/FOC

ZQSCORE.NEWS – Timnas Garuda Muda berhasil mengakhiri perjalanan mereka di ASEAN Boys 16 Championships, yang juga dikenal sebagai AFF U-16, dengan penuh kebanggaan. Zahaby Gholy dan rekan-rekannya mengamankan peringkat ketiga setelah menghancurkan Vietnam U-16 dengan skor telak 5-0 di Stadion Manahan, Solo, pada Rabu (2/7).

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, menyambut positif kemenangan gemilang Garuda Muda yang mampu bangkit dengan cepat setelah kekalahan dramatis dari Australia di babak semifinal dengan skor 3-5 pada Senin lalu.

“Saya bangga Tim Nasional U-16 menang lawan Vietnam dengan jumlah gol yang besar. Namun, kita jangan menjadi besar kepala. Justru kekalahan dari Australia kemarin harus jadi bagian dari introspeksi diri, baik dari pemain maupun pelatih. Apalagi kita masuk ke kejuaraan ini sebagai juara bertahan,” ujar Erick Thohir.

Ia juga menekankan bahwa gelar ketiga di AFF U-16 2024 dan kemenangan besar ini menjadi modal penting bagi Timnas U-16 menuju pertandingan bulan Oktober melawan Kuwait, Kepulauan Mariana Utara, dan Australia.

“Di laga-laga itu, kita harus membuktikan bahwa Timnas kita lebih baik dari hari ini. Bisa bangkit dari kekalahan, lalu cetak gol banyak, menunjukkan kita punya mental pemenang,” tambahnya.

Sejak peluit pertama dibunyikan, Timnas U-16 menunjukkan dominasi penuh atas Vietnam. Serangan-serangan yang dilancarkan membuat Vietnam kesulitan untuk mengembangkan permainan. Timnas U-16 membuka keunggulan di menit ke-45 melalui gol dari Zahaby Gholy yang menerima umpan terobosan dari Fandi Ahmad dan melepaskan sepakan datar yang bersarang di jala Vietnam.

Gol kedua datang di menit 45+4 melalui Dafa Zaidan yang menerima umpan dari Josh Holong dan melepaskan sepakan datar dari bibir kotak penalti, membuat bola meluncur masuk ke gawang Vietnam tanpa bisa diadang kiper lawan. Babak pertama pun berakhir dengan skor 2-0 untuk keunggulan Timnas U-16.

Pada babak kedua, dominasi Timnas U-16 terus berlanjut. Gol ketiga tercipta di menit ke-76 melalui aksi Daniel Alfrido yang menggocek kapten Vietnam dan melepaskan sepakan datar terukur di kotak penalti, mengubah skor menjadi 3-0.

Hanya dua menit berselang, gol keempat tercipta. Mierza Firjatullah melakukan penetrasi hingga kotak penalti dan melepaskan umpan tarik datar yang diselesaikan dengan sempurna oleh Zahaby Gholy. Skor berubah menjadi 4-0.

Gol kelima sekaligus penutup pesta gol Timnas U-16 datang di menit ke-82. Menerima umpan dari Mierza, Daniel Alfrido kembali menceploskan bola ke gawang Vietnam, memastikan kemenangan telak 5-0 bagi Garuda Muda.

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts