Kroasia vs Albania: Duel Sengit Demi Lolos ke 16 Besar

ZQSCORE.NEWSKroasia dan Albania akan berusaha keras saling mengalahkan dalam pertandingan kedua Grup B Euro 2024 di Volksparkstadion, Hamburg, Rabu malam pukul 20.00 WIB nanti.

Kekalahan akan membuat mereka angkat koper lebih dulu dari Piala Eropa 2024 karena keduanya kalah dalam pertandingan pertamanya.

Tim asuhan Zlatko Dalic takluk 0-3 kepada Spanyol, sedangkan Albania menyerah 1-2 kepada Italia walau menjadi tim yang lebih mengusai bola.

Albania akan mengandalkan lagi Nedim Bajrami yang mencetak gol tercepat dalam sejarah Piala Eropa sewaktu menghadapi Italia.

Kroasia pasti memberikan perhatian lebih kepada yang gelandang serang yang selalu membuat gol atau assist dalam tiga kesempatan membela Albania ini.

Akan tragis bagi Albania jika tersingkir lebih dulu, mengingat statusnya sebagai juara grup babak kualifikasi, kendati mereka harus realistis berada di grup neraka bersama Kroasia, Spanyol dan Italia dalam Euro 2024 ini.

Tim asuhan Sylvinho pastinya tak mau petualangan mereka dalam Piala Eropa keduanya ini seburuk perjalanannya dalam Euro 2016 ketika mereka kalah dua kali tapi menang sekali.

Walau kalah dari Italia, Sylvinho kemungkinan besar tak akan mengubah baik formasi bermain maupun komposisi starter Albania, dari skuad yang dia pasang saat melawan Italia.

Dia akan tetap memasang ujung tombak tunggal yang dilapis tiga gelandang dalam formasi 4-2-3-1.

Itu artinya, Armando Borja tetap di ujung skema serangan Albania di belakang Nedim Bajrami yang memerankan penyerang kedua, sedangkan Taulant Seferi dan Jasir Asani menempati kedua sayap serangan.

Kristjan Asllani dan Ylber Ramadani kembali menjadi pengatur dinamika permainan Albania sebagai dua jangkar di tengah, sedangkan Mario Mitaj dan Elseid Hysaj berperan lagi sebagai pelindung dan sekaligus penjelajah di kedua sayap Albania, sebagai fullback.

Lini pertahanan tetap dijaga duet bek tengah Berat Djimsiti dan Arlind Ajeti, sedangkan Thomas Strakosha akan lengket melindungi gawang Albania.

Berbeda dari Albania, Kroasia lebih dituntut merombak skuadnya, tapi Zlatko Dalic kemungkinan hanya akan sedikit merombak barisan serangnya dalam formasi tetap 4-3-3.

Dalic kemungkinan akan berusaha mencoba Ivan Perisic sebagai starter di posisi naturalnya di sayap kiri, sedangkan Lovro Majer tetap di sayap kanan. Akibatnya Andrej Kramaric didorong ke depan, sedangkan Ante Budimir kali ini dipasang sebagai cadangan.

Selebihnya, Dalic mempertahankan triarki Kovacic, Brozovic dan Modric sebagai trio gelandang yang bertugas mendominasi lapangan tengah guna memastikan Kroasia mendikte laga ini.

Kiper Dominik Livakovic tetap dilindungi Manin Pongracis dan Josip Sutalo sekalipun dibobol tiga kali oleh Spanyol, sementara Josko Gvardiol dan Josip Stanisic beroperasi di kedua sayap pertahanan.

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts