Pelatih Filipina Yuki Matsuda Akui Keunggulan Strategi Timnas Indonesia

ZQSCORE.NEWS – Filipina harus mengakui keunggulan Timnas U-16 Indonesia setelah menelan kekalahan telak 0-3 pada laga kedua ASEAN Cup U-16 2024 di Stadion Manahan, Senin (24/6/2024) malam WIB.
Kekalahan ini memastikan Young Azkals tersingkir dari fase grup, belum mengantongi satu poin pun dari dua pertandingan.

Meskipun hasil akhir kurang memuaskan, Filipina sebenarnya mampu menahan imbang Timnas U-16 Indonesia di babak pertama. Penjaga gawang Enrique Santino Francisco Sunico tampil gemilang, menggagalkan beberapa peluang berbahaya dari kubu lawan. Namun, kekokohan pertahanan Filipina runtuh di babak kedua.

Pelatih Filipina, Yuki Matsuda, mengakui bahwa perubahan taktik yang dilakukan oleh Nova Arianto di babak kedua menjadi kunci kemenangan Timnas U-16 Indonesia.

“Indonesia mengganti tujuh nama di babak pertama dan melakukan perubahan taktik yang tepat di babak kedua,” ujar Yuki Matsuda dalam konferensi pers usai laga.

Timnas U-16 Indonesia memanfaatkan momentum di babak kedua dengan baik. Evandra Florasta membuka keran gol, diikuti dengan dua gol tambahan (brace) dari Muhamad Mierza Firjatullah. Ketiga gol tersebut menjadi bukti ketajaman lini serang Indonesia serta kelemahan yang dimiliki pertahanan Filipina pada babak kedua.

Yuki Matsuda juga menjelaskan bahwa timnya datang ke Indonesia dengan situasi yang tidak sempurna, sehingga perlu banyak beradaptasi dengan taktik.

“Pada laga pertama lawan Laos, kita hanya memiliki 19 pemain, sementara pada laga ini kita memiliki 23 pemain,” jelasnya.

“Kadang kita harus merubah taktik. Baru kali ini kita bermain dengan kekuatan penuh saat jumpa Indonesia.” ucapnya.

Pelatih asal Jepang tersebut tidak lupa memberikan pujian kepada supporter Timnas U-16 Indonesia yang sangat spektakuler.

“Fans di sini sangat spektakuler, mungkin ini menyulitkan bagi tim Filipina, tapi ini juga menjadi kesempatan bagus untuk pengembangan tim,” tuturnya.

Dengan kekalahan ini, Filipina dipastikan tersingkir dari ASEAN Cup U-16 2024. Namun, Yuki Matsuda berharap pengalaman ini dapat menjadi pembelajaran berharga bagi timnya untuk terus berkembang di masa mendatang.

“Terima kasih, ini sangat bagus untuk kesempatan mengembangkan diri bagi tim Filipina,” tutup Yuki Matsuda dengan optimisme.

FOTO : LUKMAN ADHI KURNIAWAN/ BOLASPORT.COM

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts