RheinEnergie Stadion: Saksikan Semangat Sepak Bola di Piala Eropa 2024!

ZQSCORE.NEWS – RheinEnergie Stadion merupakan salah satu venue yang akan digunakan di Piala Eropa 2024. Markas FC Koeln ini merupakan salah satu stadion legendaris di Jerman.

Sempat menggunakan nama Muengersdorfer Stadion, stadion ini sudah berusia seabad lebih. Stadion berkapasitas 50 ribu tempat ini sudah berdiri sejak 12 Oktober 1921.

RheinEnergieStadion sempat menggelar sejumlah event besar di dunia sepakbola, dari mulai Piala Konfederasi 2005, Piala Dunia 2006 dan final Liga Europa 2020 tanpa penonton karena pandemi COVID-19.

Tak hanya sepakbola, stadion ini sempat digunakan untuk konser musik. Sejumlah band dan musisi papan atas sempat manggung di sini dari mulai The Rolling Stones, Queen, Michael Jackson, Gubs N’Roses, Bon Jovi, Robbie Wiliams, Coldplay, Rihanna, hingga Iron Maiden.

Telah terjadi dua kali renovasi stadion, pada tahun 1972 hingga 1975 dan pada tahun 2002 hingga 2004. Pada tahun 1974, Piala Dunia diadakan di Jerman Barat, dan Cologne ingin menjadi kota tuan rumah.

Tawaran pemerintah kota disetujui dan pembangunan stadion baru segera dimulai untuk menggantikan Stadion Müngersdorfer yang sudah ketinggalan zaman.

Namun, pemerintah kota tidak mampu mengumpulkan dana yang dibutuhkan untuk membangun stadion dengan ukuran yang diinginkan. Rencana awalnya adalah arena berkapasitas 80.000 kursi, yang direncanakan menelan biaya 23,5 juta Deutsche Mark.

Namun totalnya terus bertambah. Pada akhirnya, jika stadion itu selesai dibangun, biayanya akan mencapai 93,5 juta. Pada saat itu, kota tersebut hanya mampu menyediakan tambahan 6 juta Deutsche Mark.

Usai Piala Dunia, Cologne tetap menginginkan stadionnya selesai dibangun. Oleh karena itu, pada 12 November 1975, arena berkapasitas 61.000 kursi diresmikan dengan pertandingan antara FC Koeln dan SC Fortuna Koeln, FC Koeln menang 1-0. Dalam konfigurasi ini stadion menjadi tuan rumah Piala Eropa 1988.

Dengan berita tentang prospek membawa Piala Dunia kembali ke Jerman, kota tersebut bereaksi dan memulai renovasi stadion, yang selesai pada tahun 2003. Berbeda dengan sebelumnya, tidak ada fasilitas lintasan lari di pinggir lapangan sehingga memungkinkan banyak penonton lebih dekat ke lapangan daripada di stadion pada umumnya.

Kapasitas stadion ini sekitar 50.000 orang selama pertandingan klub dan 45.965 orang untuk pertandingan internasional. Seluruh lapangan diterangi dengan sistem lampu sorot.

Di tribun utara terdapat museum yang didedikasikan untuk FC Koeln. RheinEnergieStadion akan menggelar lima pertandingan di Piala Eropa 2024. Empat laga fase grup dan satu pertandingan babak 16 besar.

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts