Spanyol Melaju ke Perempat Final Euro 2024 Usai Tundukkan Georgia 4-1

ZQSCORE.NEWS – Spanyol memastikan langkah mereka ke perempat final Euro 2024 dengan kemenangan meyakinkan 4-1 atas Georgia pada babak 16 besar di Stadion Rhein Energie, Senin (1/7) dini hari WIB.
Meskipun sempat tertinggal lebih dulu akibat gol bunuh diri Robin Le Normand, La Roja berhasil bangkit dan menguasai jalannya pertandingan.

Georgia mengejutkan Spanyol ketika pada menit ke-18, Robin Le Normand melakukan kesalahan fatal dengan memasukkan bola ke gawang sendiri saat mencoba menghalau umpan silang Otar Kakabadze.

Tertinggal 0-1, Spanyol berusaha keras untuk menyamakan kedudukan. Kiper Georgia, Giorgi Mamardashvili, melakukan penyelamatan gemilang dengan menggagalkan tendangan voli Fabian Ruiz pada menit ke-22.

Spanyol terus menekan pertahanan Georgia. Nico Williams hampir mencetak gol pada menit ke-38, namun tendangannya dari sudut sempit berhasil ditepis oleh Mamardashvili. Usaha keras Spanyol akhirnya membuahkan hasil pada menit ke-39. Rodri menyamakan kedudukan dengan tembakan kaki kiri yang tak terjangkau kiper setelah menerima umpan tarik dari Williams.

Georgia hampir kembali memimpin pada menit ke-48 melalui aksi Kvaratskhelia. Pemain Napoli ini melepaskan tendangan dari tengah lapangan yang nyaris saja masuk ke gawang Spanyol, namun bola masih melebar di sisi kanan gawang Unai Simon.

Spanyol menunjukkan keunggulan teknik dan strategi mereka pada babak kedua. Pada menit ke-51, Fabian Ruiz berhasil membawa Spanyol unggul 2-1 dengan sundulan memanfaatkan umpan silang dari Lamine Yamal. Ruiz kembali mendapat peluang emas pada menit ke-70, namun tembakannya masih melenceng dari sasaran.

Keunggulan Spanyol semakin tak terkejar setelah Nico Williams mencetak gol pada menit ke-75. Williams menggiring bola dari sisi kiri, melewati satu pemain lawan, dan melepaskan tembakan kaki kanan yang tak mampu dijangkau Mamardashvili.

Pemain pengganti Dani Olmo menutup pesta gol Spanyol dengan mencetak gol keempat pada menit ke-83. Olmo dengan tenang menempatkan bola ke pojok kanan bawah gawang Georgia setelah menerima operan dari Mikel Oyarzabal. Hingga akhir laga, skor 4-1 tidak berubah dan memastikan kemenangan bagi Spanyol.

Dengan hasil ini, Spanyol melaju ke babak perempat final Euro 2024 dan akan menghadapi tuan rumah Jerman pada Jumat (5/7) malam. Pertandingan ini diprediksi akan menjadi salah satu laga paling dinanti, mengingat performa impresif kedua tim sepanjang turnamen.

Foto: REUTERS/Wolfgang Rattay

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts