Vietnam Menang 4-1 atas Laos di Laga Terakhir Grup B ASEAN Cup U-19 2024

ZQSORE.NEWS – Timnas Vietnam U-19 meraih kemenangan impresif 4-1 atas Laos dalam laga terakhir Grup B ASEAN Cup U-19 2024 yang berlangsung di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya. Meski kemenangan ini tak cukup untuk membawa mereka lolos ke semifinal, performa Vietnam tetap patut diapresiasi.

Pertandingan baru berjalan lima menit ketika Vietnam membuka keunggulan lewat gol cepat Nguyen Hoang Anh. Pemain muda berbakat ini dengan sigap menyambut umpan dari Le Dinh Long dan mengubah kedudukan menjadi 1-0 untuk Vietnam.

Laos mencoba bangkit dan menciptakan peluang emas lima menit kemudian. Peeter Phanthavong menerima umpan terobosan dan menggiring bola ke dalam kotak penalti. Namun, penyelesaian akhirnya masih bisa digagalkan oleh kiper Vietnam, Pham Dinh Hai.

Vietnam terus menekan dan hampir menggandakan keunggulan pada menit ke-18. Sundulan Le Dinh Long yang memanfaatkan skema bola mati melayang tipis di atas mistar gawang Laos.

Akhirnya, Vietnam berhasil menggandakan skor menjadi 2-0 melalui sepakan keras Hoang Quong Dung yang mengarah ke pojok kanan atas gawang Laos. Namun, Laos tidak menyerah begitu saja. Pada menit ke-27, Peeter Phanthavong memanfaatkan serangan balik cepat, menggiring bola melewati kiper Pham Dinh Hai, dan mencetak gol untuk memperkecil ketertinggalan menjadi 2-1. Skor ini bertahan hingga babak pertama usai.

Di babak kedua, Vietnam terus menunjukkan dominasinya. Memasuki menit ke-78, Nguyen Cong Phuong memperlebar keunggulan Vietnam menjadi 3-1 melalui tembakan keras yang tidak mampu dihalau oleh kiper Laos, Soulisak Manpaseuth.

Lima menit sebelum pertandingan berakhir, Vietnam menambah keunggulan menjadi 4-1. Kali ini, Phung Van Nam dengan mudah mencetak gol setelah menerima umpan matang dari Nguyen Cong Phuong. Skor 4-1 bertahan hingga peluit akhir dibunyikan.

Dengan hasil ini, Vietnam menempati posisi kedua klasemen akhir Grup B dengan koleksi empat poin dari tiga pertandingan. Di laga sebelumnya, Vietnam bermain imbang 1-1 dan kalah 6-2 dari Australia. Meski meraih kemenangan atas Laos, Vietnam tetap gagal melaju ke semifinal.

Di sisi lain, Thailand saat ini menempati puncak klasemen runner-up terbaik dengan enam poin dari Grup C. Thailand masih berpotensi menambah poinnya karena masih menyisakan satu pertandingan melawan Malaysia yang akan berlangsung di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, pada Kamis (25/7/2024).

Malaysia saat ini berada di posisi pertama klasemen Grup C dengan enam poin, sama dengan Thailand. Pertandingan antara Malaysia dan Thailand akan menjadi penentu siapa yang akan lolos ke semifinal dan memperbesar peluang untuk meraih gelar juara ASEAN Cup U-19 2024.

Meskipun Vietnam gagal melangkah ke semifinal, kemenangan atas Laos menunjukkan potensi dan semangat juang yang tinggi dari tim asuhan Nguyen Quoc Tuan.

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts