Performa Vietnam jadi contoh tim Thailand

ZQSCORE.NEWS – Timnas Thailand menjadi wakil Asia Tenggara terakhir yang melakoni matchday 1 fase grup Piala Asia 2023.

Sebelum Thailand, trio Vietnam, Indonesia, dan Malaysia lebih dulu mencicipi pertandingan pertama dan berakhir dengan kekalahan.

Pasukan Gajah Perang membuka perjalanan di Qatar dengan duel versus Kirgistan di Grup F. Partai tersebut digelar di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, pada Selasa (16/1/2024) pukul 21.30 WIB.

Pada laga pembuka Grup D, Timnas Vietnam ditekuk Jepang 2-4, kemudian  Timnas Indonesia menyusul dikalahkan Irak 1-3. Terbaru, Malaysia paling parah karena digilas Yordania 0-4 saat memulai Grup E.

Mengamati ketiga pertandingan tersebut, pelatih timnas Thailand, Masatada Ishii, menjadikan hasil Vietnam patokan standar kualitas wakil Asia Tenggara.

The Golden Star memang sempat mengejutkan saat memimpin 2-1 atas Jepang pada 40 menit pertama.

Namun Jepang segera menambah 2 gol dan tim matahari terbit pun terhindar dari bencana dengan membungkus kemenangan 4-2.

Kendati kalah, performa galak timnas Vietnam dijadikan cerminan bahwa peserta dari Asia Tenggara tak bisa dianggap remeh.

Ishii ingin anak asuhnya meniru perlawanan tim asuhan Philippe Troussier, semangat itu bakal ditiru ketika menghadapi Kirgistan.

“Kalau melihat pertandingan Jepang melawan Vietnam, Anda bisa amati bahwa level sepak bola Asia Tenggara itu tinggi,” kata Ishii.

Seperti halnya Indonesia, Ishii mengakui bahwa target realistis Thailand adalah lolos ke 16 besar sebagai salah satu tim peringkat ketiga terbaik.

Pasalnya, dalam dua laga selanjutnya Thailand ditunggu musuh lebih berat di grup.

Mereka bakal bersua Oman (21/1/2024) dan menutup fase ini dengan melawan timnas Arab Saudi asuhan Roberto Mancini (25/1/2024).

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts