Arab saudi raih kemenangan lewat gol kontroversi

ZQSCORE.NEWS – Arab Saudi menantang Oman pada laga terakhir matchday perdana fase grup Piala Asia 2023 di Khalifa International Stadium, Doha, Rabu (17/1/2024) dini hari WIB.

Kemenangan Arab Saudi atas Oman pun berlangsung dramatis lewat gol Ali Albulayhi sebagai gol penentu raihan tiga poin saat tambahan waktu babak kedua usai melewati pengecekan video assistant referee (VAR).

Pada menit ke -12 Oman mendapatkan hadiah penalti usai Muhsin Saleh Al Ghassani dijatuhkan di dalam kotak penalti oleh Hasan Altambakti.

Penalti diberikan setelah peninjauan VAR dan Salaah Al Yahyaei melakukan tugasnya dengan baik, mencetak gol dengan penyelesaian percaya diri dan langsung membawa Oman unggul sementara pada menit ke-14.

Skor 0-1 untuk keunggulan Oman.

Meski Arab Saudi tetap mendominasi jalannya pertandingan, tetapi masih belum bisa menjebol gawang Oman.

Skor 0-1 untuk keunggulan Oman jadi penutup jalannya babak pertama.

Pada babak kedua, Arab Saudi tampil lebih agresif dan menekan. Arab Saudi mengubah formasi lebih menyerang menjadi 4-4-2 untuk memecah kebuntuan.

Sementara Oman menumpuk banyak pemain di kotak penalti untuk mempertahankan keunggulan.

Dua peluang sudah diciptakan Arab Saudi pada awal babak kedua.

Peluang tersebut lahir dari upaya Salem Aldawsari dan Saleh Al Shehri pada menit ke-47 dan 49, tetapi masih diblok oleh pemain belakang Oman.

Mohammed Kanno pun mencoba peruntungan lewat tembakan jarak jauh, tetapi bola masih lengket di tangan Ibrahim Al Mukhaini.

Tim asuhan Branko Ivankovic tersebut mendapatkan dua peluang emas lewat skema serangan balik yang dituntaskan oleh Salaah Said Al Yahyaei pada menit ke-63 dan 64, sayang masih belum membuahkan gol kedua buat Oman.

Gempuran tim Arab Saudi berbuah hasil lewat aksi individu pemain pengganti Abdurrahman Ghareeb pada menit ke-79 usai melewati 4 pemain belakang Oman. Skor pun menjadi 1-1.

Pada Menit ke 90 lewat tandukan dari Ali Albulayhi  Arab Saudi akhirnya mendapatkan gol kemenangan

Namun posisi pemain nomor punggung  5 tersebut diduga sudah terjebak offside, Shaun Evans pun berkonsultasi dengan VAR.

Keputusan kontroversial pun terjadi saat eks wasit Liga 1 Indonesia tersebut sempat memberikan keputusan bahwa gol dibatalkan, tetapi langsung meralat keputusan tersebut dan memberi tanda bahwa gol disahkan.

Akhhirnya Arab Saudi unggul 2-1 atas Oman dan skor tersebut bertahan hingga usai pertandingan.

foto cover : AFC

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts