PSSI Tutup Kursus Refer System untuk Penilai Wasit dengan Sukses

ZQSCORE.NEWS – Departemen Perwasitan PSSI mengakhiri kursus tahap kedua untuk para penilai wasit, yang menggunakan sistem Refer (Referee Evaluation Resource) System.
Kegiatan ini berlangsung dari tanggal 31 Maret hingga Sabtu, 6 April 2024, di Jakarta, dan dihadiri oleh 32 peserta. Kegiatan ditutup langsung oleh Wakil Ketua Umum PSSI, Ratu Tisha Destria.

Refer System merupakan sebuah sistem baru yang dirancang untuk memberikan saran pengembangan yang jelas dan konsisten bagi para ofisial pertandingan, serta menyediakan data kinerja berkualitas tinggi untuk membantu mereka mencapai potensi maksimal.
Skema penilaiannya bertujuan untuk menambah nilai bagi penilai wasit, ofisial pertandingan, dan juga kegiatan PSSI secara keseluruhan.

Kegiatan selama tujuh hari tersebut melibatkan analisis kinerja perangkat pertandingan, pemahaman tentang Refer System, dan berbagai masalah teknis yang kemudian dilaporkan kepada Jeremy Kerner, CEO Sports Fusion, yang merupakan sosok di balik sistem ini. Para peserta juga menyimak rekaman pertandingan untuk memberikan masukan terhadap penilaian penilai wasit.

Pada hari keempat, terdapat pertemuan daring melalui aplikasi Zoom dengan Jeremy Kerner, di mana peserta memberikan masukan dan kendala yang mereka hadapi dengan sistem tersebut. Jeremy menyambut masukan tersebut dengan baik dan menegaskan komitmennya untuk terus memperbaiki sistem ini agar dapat lebih baik lagi.

Pada hari-hari berikutnya, kegiatan terus dilanjutkan dengan analisis KMI (Key Match Incident) dan kompetensi teknis, serta pembahasan mengenai cara menangani kesalahan sistem dan prosedur mengedit laporan.

Di akhir kursus, para peserta merekapitulasi apa yang telah mereka pelajari selama kursus tersebut. Raymond Olivier, yang memberikan materi sepanjang kursus, mengatakan bahwa tujuan kursus ini adalah untuk memperkenalkan para peserta dengan sistem penilaian terbaru yang akan membantu pengembangan wasit di Indonesia.

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts