Ajang ASC Cup 2023 Jadi Pembibitan Pesepakbola Masa Depan Indonesia

ZQSCORE.NEWS – International Grassroot Tournament yang kini bernama Asian Soccer Championship (ASC) Cup, merupakan wadah pembibitan pesepak bola usia dini.

ASC Cup 2023 pun akan resmi bergulir dan diikuti tim dari 15 negara. Rencananya, partai grand final turnamen tersebut bakal dihelat di Malaysia.

Ketua Dewan Pengarah ASC Super Copa 2023 Indonesia, Maria Rosalinda, mengungkapkan ajang itu diharapkan bisa menjadi wadah pembibitan pesepak bola masa depan Indonesia.

Proses seleksi juga sudah berlangsung di 20 regional hingga ke tingkat dan nasional, dan nantinya berlaga di Malaysia.

“Ada 13 tim dari Indonesia yang bertanding melawan dari 15 negara,” kata Maria, Minggu (8/10/2023).

Proses seleksi juga diselingi turnamen Prabowo Cup ASC Super Copa 2023 di Pancoran Soccer Field (Lapangan Sepak Bola TNI AU Pancoran), Jakarta pada 29-30 September 2023. Turnamen itu menghasilkan juara baru dari dua kategori, yakni U-14 dan U-16.

BPS Sidoarjo, Bogor Timur FC, Papua Football Academy, dan Batalyon FC menjadi yang terbaik di level U-14. Adapun kategori U-16 didapat oleh Palangkaraya United FC, Ascot FA Thailand, PSF, dan Woodland Lions Singapura.

Pemberian trofi juara diberikan langsung oleh Eko Setiawan, Exco PSSI yang mewakili Ketum PSSI.

Maria Rosalinda mengungkapkan, ASC Super Copa 2023 merupakan janji Menhan Prabowo Subianto untuk terus menciptakan bibit unggul pesepak bola Indonesia yang cinta Tanah Air. Sehingga visi indonesia untuk masuk Piala Dunia pada masa depan bisa tercipta.

Untuk menyemarakan kegiatan ini, pihaknya juga bekerja sama dengan PSSI. Oleh karena itu, pemenang lomba akan mendapatkan pelatihan ke luar negeri untuk mendapatkan pelatihan intensif.

“Kami adalah mitra PSSI dalam akselerasi pengembangan generasi sepak bola melalui kerjasama program, inovasi model kompetisi seluruh pemain dari babak provinsi,” tambahnya.

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts