Erick Thohir: Beli Tiket PD-U-17, Penonton Bisa Nikmati Sepak Bola Sekaligus Hiburan

JAKARTA- Untuk mendongkrak animo masyarakat menyaksikan Piala Dunia U-17 2023, PSSI dan Local Organizer Committee (LOC) melakukan sejumlah program terobosan dalam urusan menjualan tiket pertandingan. Program pembelian tiket dengan sistem bundling jadi jagoan untuk mendorong pencinta sepak bola Tanah Air berduyun-duyun datang memenuhi stadion.

FIFA menargetkan ke LOC untuk bisa menghadirkan minimal 10 ribu penonton per laga. Buat laga-laga Timnas Indonesia U-17 yang dimainkan di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, kehadiran fans bukan menjadi masalah.

Pekerjaan rumah (PR) terbesar ada di laga-laga negara lain non timnas. Di 30 hari tersisa jelang kick-off turnamen pada 10 November mendatang, panitia lokal makin mengiatkan program promosi buat memancing animo masyarakat luas. Termasuk di antaranya promosi penjualan tiket.

Indonesia sejatinya punya modal kuat dalam urusan fanatisme massa sepak bola. Tinggal bagaimana meningkatkan awarness mereka tentang keberadaan event berskala internasional.

Sumber: LOC Piala Dunia U-17

“Kita pernah sukses jadi tuan rumah Asian Games 2018 dan terakhir Piala FIBA 2023, kita berharap cerita sukses itu terulang di Piala Dunia U-17. Saat ini kesadaran masyarakat berkaitan dengan event ini belum maksimal. Kami coba tingkatkan di waktu tersisa. Piala Dunia U-17 merupakan kebanggaan kita sebagai bangsa, kami tidak bisa sendirian untuk menyukseskannya, butuh dukungan masyarakat,” kata Erick Thohir, Ketua Umum PSSI dalam sesi konfrensi pers yang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (10/10/2023).

Dukungan pemerintah pusat daerah mempermudah kerja LOC untuk mengeliatkan animo jelang World Cup U-17.

“Saya terima kasih kepada Wali Kota Surabaya, Solo, Bandung juga Gubernur Jawa tengah, Jawa Timur, Jawa Barat serta DKI Jakarta, juga tentu para bupati yang di rapat terakhir pada akhir pekan lalu sudah mempresentasiskan persiapan kota masing-masing sebagai host ke FIFA,” ujar Erick.

Tak hanya bantuan bersifat promosi saja, sokongan juga diberikan ke urusan teknis pengaturan lalu lintas di hari-hari padat pertandingan. Kenyamanan tim-tim peserta, delegasi FIFA, serta suporter yang akan datang ke stadion jadi prioritas utama.

“Ada beberapa point yang disampaikan FIFA saat melakukan kunjungan ke kota-kota penyelenggara. Contoh di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung, berkaitan sterilisasi lahan parkir di area luar stadion, FIFA mengingatkan kami supaya memperhatikan kenyamanan penonton. Kami menyiapkan shuttle bus untuk mengangkut suporter menuju venue pertandingan,” ucap Erick.

Penikmat sepak bola yang ingin menyaksikan laga-laga Piala Dunia U-17 bakal dimanjakan sederet acara pendukung. Yang disajikan tidak hanya pertandingan sepak bola. Akan ada zona event Piala Dunia yang menghadirkan sponsor FIFA, UMKM, music festival. Penonton tidak akan bosan saat jeda pertandingan, mereka bisa datang ke both-both di area Fans Zone.

“Piala Dunia U-17 tidak hanya tentang pertandingannya saja, tapi juga ada aspek-aspek hiburan lain yang bisa dinikmati berbagai kalangan,” kata Erick.

Erick dan jajaran LOC sedang mendorong program bundling tiket pertandigan dengan kereta cepat Whoosh Jakarta-Bandung. Tiket pertandingan Piala Dunia U-17 yang dijual dalam bentuk paket, seseorang bisa menikmati dua laga sekaligus dalam sehari. Ada juga paket bundling keluarga yang harganya lebih murah dibanding membeli tiket harian.

“Dalam sesi makan malam dengan FIFA, mereka menyampaikan rasa puas dari sisi persiapan, transportasi, hotel dan aspek-aspek teknisnya. Akan tetapi, kita punya PR bersama bagaimana mendorong kedatangan penonton untuk setiap pertandingan itu,” ucap sang Menteri BUMN itu.

Tiket menonton Piala Dunia U-17 2023 sudah bisa mulai dipesan sejak Jumat, 16 September. Harganya di kisaran Rp 75-360 ribu. FIFA menyediakan tiket individu dan paket keluarga.

Informasi mengenai tiket bisa diakses dengan mengunjungi situs resminya pada laman www.tickets-u17worldcup.com. Sebelum membeli tiket, calon penonton mendaftar lebih dulu di situs resmi FIFA secara online.

Perhelatan akbar yang melibatkan 24 negara ini akan dihelat pada 10 November hingga 2 Desember.Timnas Indonesia U-17 berada di Grup A, bersama Ekuador, Panama, dan Maroko. Tim Garuda Muda bakal menjalani laga perdana melawan Ekuador pada, Jumat (10/11), dengan waktu kick-off pukul 19.00 WIB.

Pada duel selanjutnya, anak asuh Bima Sakti bakal bersua Panama pada Senin (13/11/2023). Laga terakhir, penentuan nasib melawan Maroko akan digelar pada Kamis (16/11/2023)

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts