FIFA Putuskan Rusia Bisa Bermain di Piala Dunia U17

ZQSCORE.NEWS – Badan pengatur sepak bola dunia, FIFA telah mengangkat larangan bermain terhadap Timnas Rusia U17. Artinya, Rusia bisa berpartisipasi di ajang Piala Dunia U17.

Keputusan ini diumumkan FIFA pada Rabu (4/10/2023) waktu setempat. FIFA mengikuti langkah UEFA yang terlebih dahulu mengangkat sanksi mereka terhadap timnas Rusia kelompok usia muda.

Pekan lalu, UEFA memberikan izin kembali untuk timnas Rusia usia muda, tapi larangan bermain masih diberlakukan untuk tim senior Rusia. Larangan ini sudah dijatuhkan sejak pecahnya perang Rusia kontra Ukraina tahun lalu.

Keputusan mengangkat sanksi larangan bermain itu tentu diikuti dengan sejumlah ketentuan tambakan. Syarat yang utama adalah bahwa tim Rusia hanya boleh bertanding dengan nama “Football Union of Russia”.

Selain itu, FIFA juga melarang penggunaan bendera negara, lagu kebangsaan, dan jersey utama timnas Rusia. Jadi para pemain harus turun lapangan dengan tampilan berbeda.

Sebelumnya, tim sepak bola Rusia sempat dilarang mengikuti seluruh turnamen sepak bola internasional menyusul invasi Rusia ke Ukraina pada Februari 2022 lalu.

Meski sudah tidak dilarang bermain, Timnas Rusia U-17 dipastikan tidak akan bertanding di Piala Dunia U-17 2023 yang dimainkan di Indonesia bulan depan, November 2023.

Pasalnya, mereka tidak bisa menempuh babak kualifikasi yang dilangsungkan sejak awal tahun ini. Saat itu sanksi larangan bermain masih berlaku, jadi mereka tidak bisa ikut dalam persaingan merebut tiket lolos ke putaran final.

Jadi, Timnas Rusia U-17 baru bisa bertanding lagi sejak Oktober 2023 ini, mereka mungkin membidik kesempatan bermain di kompetisi Piala Eropa U-17 dan Piala Dunia U-17 untuk edisi berikutnya.

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts