Inggris dan Rep. Irlandia Resmi Jadi Tuan Rumah Euro 2028

ZQSCORE.NEWS Federasi sepakbola Eropa (UEFA) telah memastikan Euro 2028 akan digelar di Inggris Raya dan Republik Irlandia, sedangkan Italia dan Turki mendapat kesempatan selang empat tahun kemudianb (2032).

Dari lima asosasi di Inggris Raya, Inggris dan Skotlandia akan menggelar 12 pertandingan. Inggris telah menyiapkan enam stadion untuk perhelatan ini, yaitu dua di London, serta masing-masing satu di Manchester, Liverpool, Newcastle dan Birmingham.

Sedangkan sisanya akan digelar di Belfast (Irlandia Utara), Dublin (Republik Irlandia), Glasgow (Skotlandia), dan Cardiff (Wales).

“Inggris Raya dan Irlandia berterima kasih kepada UEFA atas kepercayaannya untuk memberikan EURO 2028 kepada lima asosiasi, dan mengucapkan selamat kepada Italia dan Turki atas penunjukan mereka untuk UEFA EURO 2032,” demikian pernyataan bersama kelima asosiasi dikutip AFP.

Turki terpilih sebagai tuan rumah di edisi 2032 setelah mereka menyatakan mengundurkan diri dari pencalonan 2028. Hal itu disebabkan mereka sudah mencapai kesepakatan dengan Italia untuk menjadi tuan rumah Piala Eropa 2032.

“Jantung sepakbola akan berdetak di Turki pada tahun 2032!” tulis menteri olahraga Turki Osman Askin Bak melalui akun media sosialnya selepas pengumuman dari UEFA.

“Kami senang menjadi tuan rumah EURO 2032 bersama negara sahabat Italia. Merupakan suatu kehormatan untuk mendapatkan penghargaan atas langkah-langkah yang telah kami ambil dalam peringatan 100 tahun negara indah kami, yang telah kami jalin bersama dengan investasi dalam olahraga.”

Sementara presiden federasi sepakbola Italia (FIGC) Gabriele Gravinia menyatakan, menjadi tuan rumah bersama merupakan kesempatan yang bagus bagi kedua negara.

“Sepakbola harus menjadi fenomena budaya yang mendobrak segala penghalang. Saya yakin ini adalah salah satu peluang tersebut. Peristiwa ini tidak hanya terjadi di Italia dan Turki, tapi juga terjadi di seluruh Eropa,” kata Gravinia.

“Ini tentang mengakui perbedaan tradisi dan budaya, menghilangkan segala bentuk jarak fisik antara kedua negara dan membangun jembatan.”

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts