Maverick Vinales Kena Pelanggaran Tekanan Ban, Emang Ngaruh?

ZQSCORE.NEWSMaverick Vinales kena peringatan pelanggaran tekanan ban. Untuk pertama didalam sejarah MotoGP, Aprilia merayakan podium ganda (P1-P2) di GP Catalunya. Fakta bahwa Vinales mengabaikan peraturan tekanan ban tidak mengubah hasil, namun dicatat oleh para pengurus (sebagai peringatan).

Pada MotoGP musim 2023, tekanan ban depan akan dipantau pertama kali menggunakan sensor standar dari LDL. Sejak GP Silverstone, aturan penalti telah diberlakukan jika batas tekanan ban minimum yang ditentukan oleh Michelin tidak terpenuhi.

Nilai tekanan untuk ban depan, yang ditetapkan adalah 1,88 bar (tetapi mungkin sedikit berbeda tergantung pada trek), harus dipertahankan lebih dari 30 persen waktu dalam balapan sprint (15 lap atau kurang) dan di balapan Minggu (lebih dari 15 lap) yakni lebih dari 50 persen.

Twitter.Com/ApriliaOfficial

Karena sistem ini baru dan diperkenalkan pada musim ini, tidak ada risiko diskualifikasi hingga pemberitahuan lebih lanjut. Sebaliknya, Steward FIM MotoGP menyutujui hukuman berjenjang berupa penalti waktu, yang ditambahkan setelah balapan.

  1. Pelanggaran pertama: peringatan
  2. Pelanggaran ke-2: penalti 3 detik
  3. Pelanggaran ke-3: penalti 6 detik
  4. Pelanggaran ke-4: penalti 12 detik

Pelanggaran tercatat untuk pertama kalinya setelah GP Catalunya: Tekanan ban Maverick Vinales pada balapan MotoGP tanggal 3 September berada di bawah parameter yang direkomendasikan pemasok ban, melanggar Pasal 2.4.4.9 Peraturan Kejuaraan Dunia Grand Prix FIM. Karena merupakan pelanggaran pertama, pembalap tim resmi Aprilia itu hanya mendapat peringatan. Namun mulai sekarang, dia terancam penalty jika melakukan lagi.

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts