presiden jokowi resmikan ground breaking pembangunan national training centre di IKN

ZQSCORE.NEWS – Presiden Joko Widodo hari ini Jumat (22/9/2023) meresmikan groundbreaking pembangunan National Training Center di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Keberadaan pusat pelatihan tim nasional sepak bola Indonesia ini menjadi tonggak penting bagi perkembangan sepak bola tanah air.

Pembangunan National Training Center ini bukan sekadar mimpi semata,melainkan jawaban atas perjuangan tim nasional sepak bola Indonesia, yang selama ini harus berpindah-pindah tempat latihan karena kurangnya fasilitas yang memadai.


Dengan adanya pusat pelatihan ini, diharapkan kualitas Timnas Garuda akan meningkat pesat.

Adapun dana pembangunan fasilitas olahraga ini bersumber dari pemerintah Indonesia dan FIFA.

Pemerintah mengalokasikan sejumlah besar dana sebesar Rp95 miliar dari Anggaran Penerimaan dan Belanja Negara (APBN) untuk mendukung proyek ini.

Sementara itu, FIFA memberikan dana hibah sebesar Rp85,6 miliar kepada Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) melalui program FIFA Forward.

Dana hibah ini khusus digunakan untuk membangun National Training Center di IKN.

Jokowi secara khusus menyampaikan terima kasih kepada FIFA atas kepercayaan dan dukungan yang diberikan dalam bentuk pendanaan FIFA Forward, yang merupakan yang Training Centre terbesar di Asia Tenggara.

Dukungan ini menandakan komitmen global untuk memajukan sepak bola Indonesia dan meningkatkan kompetitivitasnya di tingkat internasional.

National Training Center IKN akan berdiri di atas lahan seluas 34,5 hektar.

Lokasi ini akan dilengkapi dengan delapan lapangan sepak bola yang modern, serta fasilitas tambahan berupa asrama pemain.


Proyek ini dirancang untuk memastikan Timnas sepak bola Indonesia, baik kategori junior maupun senior, dapat bersaing di level tertinggi.

Selain itu, pusat pelatihan ini akan memberikan akses kepada generasi masa kini dan yang akan datang untuk mengembangkan potensi sepak bola mereka.

Ketua Umum Persatuan Sepak bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir mengatakan groundbreaking national training center (TC) di Ibu Kota Nusantara (IKN) pada Jumat (22/9/2023). menandai babak baru sepak bola Indonesia.




“Ini cita-cita lama yang sudah ditunggu-tunggu oleh masyarakat pecinta sepak bola, di mana kita akhirnya bisa membuat sejarah memiliki TC buat tim nasional sepak bola yang terpadu,” ujar Erick saat menyampaikan sambutan groundbreaking national training center (TC) di Ibu Kota Nusantara (IKN)

Nantinya akan ada pembangunan delapan lapangan, dengan rincian lima lapangan besar, satu lapangan futsal, satu lapangan latihan tertutup, satu lapangan beach football, dan juga fasilitas pendukung lainnya seperti kolam renang hingga sport science.

Erick mengatakan pembangunan TC yang rencananya dilakukan dalam waktu delapan bulan akan dipercepat menjadi enam bulan.

Erick menyampaikan percepatan target pembangunan TC tersebut telah mendapat persetujuan dari Jokowi.

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts