Shi Yu Qi Geser Axelsen, Rebut Takhta Ranking 1 BWF!

ZQSCORE.NEWS – Ada sejumlah perubahan peringkat pada ranking BWF anyar, khususnya di sektor tunggal putra dan ganda putra, setelah Indonesia Open 2024. Lantas bagaimana dengan para pebulutangkis Indonesia yang nirgelar di ajang itu pada akhir pekan lalu?

Di sektor tunggal putra, pemain Denmark Viktor Axelsen kini tidak lagi berada di posisi teratas. Axelsen digeser pebulutangkis China Shi Yu Qi, yang pada akhir pekan lalu menjuarai Indonesia Open 2024.

Dua pebulutangkis Indonesia, Jonatan Christie dan Anthony Sinisuka Ginting, bergeming di posisinya masing-masing dalam ranking BWF anyar ini. Jojo masih di posisi ketiga dan Ginting di peringkat kesembilan.

Untuk ganda putri, An Se Young dari Korea Selatan masih bertengger di posisi teratas ranking BWF dengan diikuti Chen Yu Fei (China) di posisi kedua. Di final Indonesia Open 2024, An Se Young dikalahkan An Se Young dalam duel sengit rubber game.

Perubahan terjadi di posisi kedua dan ketiga, dengan Carolina Marin asal Spanyol kena geser ke posisi keempat. Kini posisi ketiga ditempati oleh pemain Taiwan Tai Tzu Ying.

Gregoria Mariska Tunjung masih menjadi tunggal putri teratas Indonesia walaupun tidak mengalami perubahan posisi. Ia masih berada di posisi kesembilan ranking BWF teranyar.

Sementara Ester Nurumi Tri Wardoyo berhasil naik empat tingkat ke peringkat ke-31, dengan Putri Kusuma Wardani sebaliknya turun empat posisi ke peringkat ke-36.

Di ganda putra, dua posisi teratas mengalami perubahan. Liang Wei Keng/Wang Chang (China), juara Indonesia Open 2024, naik satu posisi untuk menjadi pasangan nomor satu dunia yang baru. Posisi kedua ditempati Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen (Denmark), setelah berhasil mencatatkan peningkatan dua posisi dari ranking BWF sebelumnya.

Satwiksairaj Rankiredyy/Chirag Shetty dari India harus rela turun takhta untuk kini berada di posisi ketiga. Kang Min-yuk/Seo Seung-jae dari Korea berada di posisi keempat.

Tiga ganda putra Indonesia masih tetap pada posisinya. Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto di posisi ketujuh, Bagas/Maulana/Muhammad Shohibul Fikri di posisi ke-11, dan Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin di posisi ke-14 ranking BWF.

Sementara Sabar Sabar Karyaman Gutama/Moh Reza Pahlevi Isfahani, yang menjadi wakil Merah Putih dengan raihan paling bagus di Indonesia Open 2024 setelah menjadi semifinalis, naik delapan tingkat ke posisi ke-21. Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan sebaliknya turun satu tingkat ke posisi ke-17.

Untuk sektor ganda putri, posisi 10 besar nyaris tidak mengalami perubahan berarti. Praktis hanya ada Jongkolphan Kititharakul/Rawinda Prajongjai (Thailand) yang naik dua tingkat ke posisi ke-8, bertukar posisi dengan Yuki Fukushima/Sayaka Hirota (Jepang) yang kini ada di posisi ke-10.

Ganda putri Indonesia, Apriyani Rahayu, menggendong partnernya, Siti Fadia Silva Ramadhanti, setelah memastikan kemenangan pada final Hong Kong Open 2023 di Hong Kong Coliseum, Kowloon, Hong Kong, 17 September 2023. PETER PARKS/AFP

Ditarik dari Australia Open
Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti masih menjadi ganda putri Indonesia dengan peringkat terbaik, bergeming di posisi ke-9. Febriana Dwipuji Kusuma/Amallia Cahaya Pratiwi menjadi wakil Indonesia lain di 20 besar, walaupun harus turun tiga posisi ke peringkat ke-18 ranking BWF anyar.

Di nomor ganda campuran, satu-satunya perubahan di 10 besar adalah kehadiran pasangan Taiwan Ye Hong Wei/Lee Chia Hsin di tangga ke-10 usai mengalami peningkatan satu setrip.

Indonesia memiliki tiga pasangan di 20 besar ganda campuran lewat kehadiran Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari di posisi ke-16 (turun satu peringkat), Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaya di posisi ke-17 (naik satu tingkat), dan Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati di posisi ke-20 (turun satu tingkat).

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts