Podium 1 DI Mandalika, Bakalan Jadi Pengganti Marquez di Honda

ZQSCORE.NEWS – Pemenang balapan edisi perdana di Sirkuit Mandalika, Miguel Oliviera, menjadi kandidat terkuat pengganti Marc Marquez di Repsol Honda musim depan.

Honda dan Marc Marquez telah membuat keputusan berpisah lebih cepat. Juara dunia MotoGP enam kali tersebut bakal meninggalkan Honda pada akhir musim ini.

“Honda Racing Corporation (HRC) dan Marc Marquez telah sepakat untuk mengakhiri kontrak empat tahun mereka sebelum waktunya pada akhir musim Kejuaraan Dunia MotoGP 2023,” demikian bunyi keterangan resmi Honda pada Rabu (4/10/2023).

Setelah berpisah dengan Honda, Marc Marquez dikabarkan bakal gabung tim satelit Ducati, Gresini Racing. Kini, satu kursi pebalap di tim Repsol Honda musim depan dipastikan lowong. Sementara itu, satu kursi lainnya masih akan diisi oleh Joan Mir.

Teraktual, nama Miguel Oliveira menjadi salah satu kandidat pengganti Marc Marquez. Dilansir Crash, Oliveira kini merupakan “nama favorit” untuk menggantikan posisi Marquez di tim Repsol Honda pada MotoGP musim depan.

Sebelumnya, Johann Zarco yang musim ini membela Pramac Racing sempat menjadi opsi pengganti Marquez di Repsol Honda.

Diketahui, Zarco memang akan pindah ke tim satelit Honda, LCR, pada musim depan. Zarco menjadi opsi pengganti Marquez karena Repsol Honda bisa saja bertukar kursi pebalap dengan LCR.

Adapun, Zarco direkrut Honda untuk tim LCR guna mengisi kekosongan yang akan ditinggalkan Alex Rins ke Yamaha. Rins yang sebenarnya masih terikat dengan HRC sampai 2024 menggunakan klausul mengakhiri kontrak lebih awal jika menerima tawaran dari pabrikan lain. Skenario serupa disebut bakal dilakukan oleh Miguel Oliveira.

Pebalap tim RNF asal Portugal itu masih terikat kontrak dengan Aprilia hingga akhir musim 2024. Di lain sisi, sama seperti Alex Rins, Oliveira memiliki klausul mengakhiri kontrak lebih cepat apabila ia mendapat tawaran dari pabrikan lain.

Dari kubu Aprilia, Miguel Oliveira bukan satu-satunya pebalap yang dikaitkan dengan Honda. Maverick Vinales yang memperkuat tim pabrikan Aprilia disebut sebagai pebalap yang diminati Honda untuk menggantikan Marc Marquez.

Meski begitu, Honda juga menyadari bahwa “membajak” Vinales dari Aprilia bukanlah perkara mudah.

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts