Djokovic Juara Tenis Olimpiade 2024, Kalahkan Alcaraz

ZQSCORE.NEWS – Novak Djokovic memenangi medali emas tenis Olimpiade 2024 usai menumbangkan Carlos Alcaraz di partai final. Ia menjadi atlet tunggal putra ketiga dalam sejarah yang sukses menamatkan career golden slam.

Bermain di Roland Garros, Minggu (4/8) malam WIB, Djokovic menang dengan skor 7-6 (7-3), 7-6 (7-2) dalam waktu 2 jam 52 menit. Duel berjalan intens sejak awal.

Pada set pertama, kedua petenis bergantian meraih poin hingga skor 6-6. Dalam tie break, skor sempat imbang 3-3 sebelum Djokovic mematahkan servis Alcaraz untuk memimpin 4-3. Dari situ, ia meraih tiga poin beruntun untuk menang 7-6 (7-3).

Set kedua juga berjalan serupa. Saling bergantian meraih poin hingga 6-6, Djokovic lalu mematahkan servis Alcaraz dalam tie break untuk memimpin 1-0 lalu 2-0, namun dibalas Alcaraz hingga 2-2.

Meski begitu, Djokovic terbukti lebih unggul. Ia kembali mematahkan servis Alacaraz untuk memimpin 3-2, lalu meraih dua poin berikutnya untuk menjauh 5-2. Saat Alcaraz memegang dua servis berikutnya, Djokovic juga kembali mematahkannya.

Ini menjadi emas pertama bagi Djokovic sejak pertama kali tampil di Olimpiade pada 2008. Baru di percobaan kelima ia berhasil menjadi juara. Sebelumnya, torehan terbaiknya yakni medali perunggu di Beijing 2008.

Djokovic juga sudah menamatkan tenis karena sukses memenangi Olimpiade dan empat grand slam berbeda (Australian Open, French Open, Wimbledon, US Open) dalam kariernya. Ia mengikuti jejak Andre Agassi dan Rafael Nadal yang lebih dulu meraihnya di tunggal putra.

Sementara di tunggal putri, Zheng Qinwen dari China sudah meraih emas usai mengalahkan Donna Vekic 6-2, 6-3 pada Sabtu kemarin. Itu juga merupakan sejarah karena Zheng menjadi tunggal putri pertama China yang berhasil memenangi tenis Olimpiade.

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts