Presiden Jokowi Gelar Rapat Tentang Pemanfaatan Revitalisasi Stadion

ZQSCORE.NEWS – Presiden Joko Widodo menggelar rapat bersama sejumlah menteri untuk membahas pemanfaatan revitalisasi stadion, gelanggang dan venue olahraga di seluruh Indonesia.

“Hari ini baru saja saya menghadiri rapat internal yang dipimpin Bapak Presiden Joko Widodo. Fokus utama diskusi dan topiknya adalah terkait pemanfaatan revitalisasi dari stadion dan juga GOR dan venue olahraga di seluruh Indonesia,” kata Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo di Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis.

Dito mengatakan dalam rapat juga dibahas mengenai rencana penyelenggaraan kembali Liga 3 dan 4 untuk sepak bola, serta terkait upaya memaksimalkan peran pemerintah kabupaten/kota serta mendukung pembinaan olahraga sepak bola dan juga cabang olahraga yang ada di dalam Desain Besar Olahraga Nasional.

Dia mengatakan sejak awal 2023, terdapat 22 stadion yang direvitalisasi oleh pemerintah pusat yang memiliki kapasitas di atas 25 ribu.

“Dan itu ke depan Bapak Presiden menginginkan stadion itu juga bisa dimanfaatkan oleh klub-klub penggunanya. Jadi biasanya stadion itu dikelola oleh pemerintah daerah. Ke depan ini akan di-exercise bagaimana payung hukumnya dan juga mekanismenya stadion ini bisa dikelola oleh swasta yaitu klub yang menempati stadion tersebut,” kata Dito.

Pemanfaatan juga terbuka untuk gelanggang olahraga dan venue olahraga lain di daerah-daerah yang sudah dibangun pemerintah pusat.

“Ini dalam rangka untuk memastikan fasilitas olahraga, venue olahraga yang sudah dibangun ini bisa lebih hidup secara industri, pengelolaannya juga lebih dinamis serta fleksibel, dan pemanfaatannya juga lebih maksimal. Karena kita juga ingin bagaimana menumbuhkan industri olahraga, pembinaan olahraga, tapi juga meringankan beban pengelolaan melalui APBD maupun APBN,” jelasnya.

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts