Gol Osama yang kontroversial

ZQSCORE.NEWS – Timnas Indonesia kalah 1-3 dari Irak pada pertandingan perdana Grup D Piala Asia 2023 di Stadion Ahmad bin Ali, Al Rayyan, Qatar, Senin (15/1)

Dalam laga tersebut Timnas Indonesia memberikan perlawanan sengit pada Irak.
Skuad arahan Shin Tae Yong ini bahkan bisa menyamakan skor menjadi 1-1 lewat Marselino Ferdinan di menit ke-36.

Gol kedua Irak yang dicetak Osama Rashid  pada menit ke-45+6, tapi ini menjadi gol kontroversial yang merugikan Skuad Garuda.

Timnas Indonesia kemudian kembali tertinggal lewat gol Osama Rashid di masa injury time babak pertama. Gol ini yang kemudian diprotes oleh pihak Timnas Indonesia. Shin Tae Yong bahkan sudah langsung melontarkan protes di pinggir lapangan terhadap asisten wasit tak lama berselang usai gol tersebut.

Dalam proses gol tersebut, Irak awalnya membangun serangan dari sisi kiri pertahanan Timnas Indonesia. Pemain Irak, Ali Adnan lalu melepaskan umpan silang.

Di kotak penalti, dua pemain Irak memburu bola. Dua pemain tersebut adalah pemain bernomor punggung 20 yaitu Osama Rashid dan pemain bernomor punggung 10 Mohanad Ali.

Rashid terlihat menyentuh bola dengan kakinya dan kemudian bola mengarah pada Ali yang ada di muka gawang. Ali lalu menyundul bola namun bisa diblok oleh Ernando Ari.

Permainan kembali bergulir. Bola masih di daerah pertahanan Indonesia dan Irak bisa berhasil merebut bola yang tidak dikuasai sepenuhnya oleh pemain-pemain Indonesia.

Zidane Iqbal yang menguasai bola lalu memberikan umpan pada Ali Jasin yang sudah berada di sisi kanan pertahanan Indonesia. Ali melakukan satu gerakan kecohan dan melepaskan tembakan keras mendatar ke gawang Indonesia.

Ernando Ari bisa menepis bola namun bola liar bergulir di hadapan Rashid. Rashid tanpa kesulitan menceploskan bola ke gawang Irak.

Wasit yang memimpin pertandingan, Ilgiz Tantashev sempat berkoordinasi dengan wasit VAR setelah gol tersebut. Namun setelah koordinasi dan komunikasi dilakukan, gol tersebut tetap dinyatakan sah.

Momen yang dianggap kontroversial dan berbau offside bukanlah saat Rashid mencetak gol namun saat Mohanad Ali menyundul bola ke gawang Ernando Ari beberapa detik sebelumnya yang masih masuk dalam satu rangkaian serangan lantaran bola belum meninggalkan lapangan.

Timnas Indonesia sendiri akhirnya kalah dengan skor 1-3 dari Irak di pengujung laga.

foto cover : AFP/Hussein Faleh

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts