Latihan kok pakai Iringan Musik?

ZQSCORE.NEWS- Timnas U-16 dibawah asuhan Nova Arianto menjalani latihan gelombang ke -3 di lapangan A, Senayan, Jakarta, pada Selasa (27/2).

Pada latihan kali ini suasana tampak berbeda lantaran para pemain saat latihan diiringi alunan musik sejak mulai pemanasan.

Pelatih Timnas U-16, Nova, menjelaskan bahwa keputusan untuk menyertakan musik dalam latihan tidaklah sembarangan.

Hal tersebut didasarkan pada saran dari tim psikolog Timnas. Menurut Nova, musik memiliki kemampuan untuk merangsang semangat dan antusiasme dalam berlatih, terutama mengatasi kecemasan yang mungkin dialami para pemain.

Rizky Amron / ZQSCORE.NEWS

“Pertama itu musik jadi metode yang kita coba di Timnas U-16, karena evaluasi dari psikolog adalah masalah kecemasan, sehingga pas cemas atau takut salah, otomatis dia tegang dan banyak salah. Jadi kita cari tahu metode apa sih yang bisa kita buat supaya pemain enjoy,” kata Nova.

Nova menjelaskan bahwa musik dipilih dengan cermat sesuai dengan kaidah tertentu agar memberikan efek positif pada pemain.

“Kita pakai musik saat datang dan warming up, biar secara alam sadar mereka bangkit dan rileks, tapi memang beatnya beda dan itu berdasarkan komunikasi dengan psikolog,” ungkapnya.

“Beatnya antara 79/90, karena kalau lebih itu akan semakin kacau. Kalau di bawah akan tidur. Makanya beatnya di perhatikan. Semoga metode ini bisa maksimal,” tambah Nova.

Metode ini diakui oleh psikolog Timnas Indonesia U-16 sebagai sebuah inovasi baru. Meskipun baru diterapkan di Indonesia, metode ini sudah lumayan populer di Eropa dalam 10 tahun terakhir.

Dalam penelitian tersebut, disimpulkan bahwa musik memiliki potensi untuk meningkatkan performa pemain.

Dengan bukti empiris yang sudah lumayan banyak, diharapkan metode ini akan memberikan hasil positif di Timnas Indonesia U-16. Tim psikolog Timnas akan terus mengukur dampak positif dari penerapan metode inovatif ini pada latihan selanjutnya.

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts