Naturalisasi Mees Hilgers dan Eliano Reijnders Resmi Disetujui DPR RI, Siap Bela Timnas Indonesia

FOTO : DOK PSSI

ZQSCORE.NEWS – Proses naturalisasi dua pemain berbakat berdarah Indonesia, Mees Hilgers dan Eliano Reijnders, untuk menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) telah memasuki tahap akhir.
Komisi X DPR RI menyetujui permohonan kewarganegaraan keduanya dalam Rapat Kerja bersama Kemenpora dan PSSI pada Selasa (17/9). Keputusan ini membuka jalan bagi kedua pemain untuk memperkuat Timnas Indonesia di kancah internasional.

Rapat kerja yang dipimpin oleh Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Hetifah Sjaifudian, juga dihadiri oleh Menpora Dito Ariotedjo serta perwakilan dari PSSI. Eliano Reijnders turut mengikuti jalannya rapat secara virtual melalui Zoom. Pada akhir rapat, Hetifah mengumumkan bahwa Komisi X secara resmi menyetujui rekomendasi naturalisasi Hilgers dan Reijnders menjadi WNI.

“Komisi X DPR RI memutuskan menyetujui rekomendasi kewarganegaraan RI atas nama Saudara Eliano Reijnders dan Mees Hilgers,” ungkap Hetifah. Keputusan ini akan dilaporkan dalam Rapat Paripurna DPR RI pada Kamis (19/9), untuk kemudian disahkan dalam Keputusan Presiden (Keppres).

Setelah mendapat persetujuan dari Komisi X DPR RI, langkah berikutnya dalam proses naturalisasi Hilgers dan Reijnders adalah penetapan kewarganegaraan melalui Keppres. Setelah Keppres dikeluarkan, keduanya akan menjalani pengambilan sumpah kewarganegaraan yang dilakukan oleh Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham).

Setelah resmi menjadi WNI, Reijnders dan Hilgers harus menjalani proses perpindahan federasi dari KNVB Belanda ke PSSI. Ini adalah langkah formal yang wajib dilalui setiap pemain yang ingin berpindah federasi. Proses ini diharapkan dapat selesai sebelum laga penting Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Menpora Dito Ariotedjo menyampaikan rasa terima kasih kepada Komisi X DPR RI atas dukungan dan persetujuan terhadap proses naturalisasi ini. Ia juga menekankan bahwa pemain-pemain yang dinaturalisasi saat ini benar-benar memiliki garis keturunan Indonesia, bukan sekadar untuk kepentingan sesaat.

“Pemain-pemain yang kami proses 100 persen memiliki darah Indonesia. Ini agar peringkat kami di FIFA bisa tembus 100 besar,” ujar Dito.

Dito juga menekankan pentingnya pembinaan usia muda yang sudah berjalan baik di Indonesia. Menurutnya, Indonesia memiliki banyak kompetisi untuk anak-anak usia muda, mulai dari U-7 hingga U-12, yang dapat menjadi dasar pembentukan generasi pemain masa depan.

Dengan semakin dekatnya proses finalisasi naturalisasi, Eliano Reijnders dan Mees Hilgers diharapkan dapat memperkuat Timnas Indonesia pada putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Timnas Indonesia akan menghadapi laga penting melawan Bahrain dan China pada bulan Oktober 2024 di Grup C.Dengan semakin dekatnya proses finalisasi naturalisasi, Eliano Reijnders dan Mees Hilgers diharapkan dapat memperkuat Timnas Indonesia pada putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026. Timnas Indonesia akan menghadapi laga penting melawan Bahrain dan China pada bulan Oktober 2024 di Grup C.

Kehadiran dua pemain ini diharapkan dapat menambah kedalaman dan kualitas Timnas Indonesia. Mees Hilgers, yang merupakan bek tangguh di liga Belanda, dan Eliano Reijnders, gelandang kreatif yang saat ini bermain di klub Serie A, akan memberikan tambahan kekuatan yang dibutuhkan

Kehadiran dua pemain ini diharapkan dapat menambah kedalaman dan kualitas Timnas Indonesia. Mees Hilgers, yang merupakan bek tangguh di liga Belanda, dan Eliano Reijnders, gelandang kreatif yang saat ini bermain di klub Serie A, akan memberikan tambahan kekuatan yang dibutuhkan oleh skuad Garuda dalam menghadapi lawan-lawan tangguh di kualifikasi.

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts