Nova Arianto Siapkan Timnas U-16 Indonesia untuk ASEAN Cup U-16 2024

ZQSCORE.NEWS – Setelah sukses mendampingi timnas senior Indonesia dan memastikan lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026, Nova Arianto kini kembali fokus pada tugasnya bersama timnas U-16 Indonesia.

Pelatih asal Semarang ini segera mempersiapkan skuad muda Garuda untuk berlaga di ASEAN Cup U-16 2024.

Setibanya di Surakarta, Nova Arianto langsung bergabung dengan timnas U-16 Indonesia yang telah menjalani pemusatan latihan. Nova mengungkapkan bahwa persiapan tim sudah mencapai 75%.

“Ya, kami fokus lagi dan terus menjalani pemusatan latihan, progres dari tim U-16 ini sudah cukup baik,” kata Nova Arianto.

Dengan waktu yang tersisa sebelum ASEAN Boys Championship U-16 dimulai pada 21 Juni 2024, Nova berkomitmen untuk memperbaiki kekurangan tim agar siap memberikan penampilan terbaik.

Sejak mengadakan training camp (TC) di Yogyakarta, timnas U-16 Indonesia telah menjalani tujuh laga ujicoba. Dua laga ujicoba terakhir dilaksanakan di venue ASEAN Cup U-16 2024, yakni Stadion Sriwedari dan Stadion Manahan. Dalam dua laga tersebut, timnas U-16 Indonesia berhasil menang 2-1 atas SKO Surakarta dan bermain imbang 1-1 melawan SKO Cibubur.

Nova Arianto mencatat bahwa meski tim menunjukkan perkembangan, masih ada beberapa aspek yang perlu diperbaiki.

“Evaluasi dari beberapa kali ujicoba, sekitar tujuh kali ujicoba yang sudah kita lakukan adalah pemain memang belum stabil,” kata Nova.

“Maksudnya di salah satu pertandingan mereka bisa bermain baik, dan di pertandingan lain kurang baik. Itu yang menjadi catatan kami tim pelatih.”tambahnya.

Selain stabilitas performa, Nova juga menyoroti aspek mental pemain. Tim psikologi menemukan bahwa pemain belum mampu mengatur mental dengan baik di berbagai pertandingan.

“Sehingga itu juga yang harus kita perbaiki,” jelasnya. Nova dan tim pelatih juga terus mengevaluasi formasi yang akan digunakan dalam turnamen nanti.

Timnas U-16 Indonesia masih akan melakoni satu laga ujicoba terakhir pada 15 Juni 2024 melawan tim Bhayangkara. Setelah itu, Nova akan mengerucutkan skuad menjadi 23 nama final yang akan didaftarkan ke ASEAN Cup U-16 2024.

“Kita masih ada agenda lain, ujicoba terakhir di tanggal 15 nanti dengan tim Bhayangkara,” jelas Nova. “Setelah itu akan ada pengurangan pemain, menjadi 23 yang didaftarkan ke AFF.”

Indonesia sebagai tuan rumah tergabung di grup A bersama Singapura, Laos, dan Filipina. Turnamen ini akan berlangsung dari 21 Juni hingga 4 Juli 2024.

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts