Nova Incar Pemain Diaspora Untuk Perkuat TimnaS U-16

ZQSCORE.NEWS – Pelatih Timnas Indonesia U-16, Nova Arianto, mengincar pemain diaspora yang berada di luar negeri untuk memperkuat timnya.

Data terbaru mencatat 37 diaspora yang berpotensi menjadi kekuatan tambahan bagi tim yang kini dibawah kendali Nova.

Nova Arianto mengaku telah berhasil mengantongi data tersebut setelah melakukan pertemuan dengan staf ahli Menpora, Hamdan Hamedan, yang memiliki tugas mendata atlet Indonesia di luar negeri. Pertemuan ini berlangsung di Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) pada Senin (26/2).

“Saat ini saya hanya minta data siapa saja pemain yang punya paspor Indonesia, walaupun harus tetap berkomunikasi dengan PSSI,” kata Nova di Lapangan A, Senayan, pada Selasa (27/2).

Hal ini membuka peluang besar bagi Timnas U-16 untuk mengakses pemain-pemain berbakat yang memiliki kualitas tinggi dan potensi besar di luar negeri.

Meski komunikasi dengan PSSI tetap menjadi faktor kunci, Nova berharap dapat memaksimalkan keberadaan diaspora sebagai aset berharga untuk mengangkat prestasi sepak bola Indonesia.

Sebagai langkah awal, Nova menjelaskan bahwa tim akan melakukan komunikasi lebih lanjut dengan PSSI untuk menentukan situasi dan mekanisme yang optimal.

Sebelumnya, mereka akan melihat video para pemain diaspora untuk menilai kualitas dan potensi mereka secara lebih mendalam.

Asisten Shin Tae Yong di Timnas Indonesia ini menekankan bahwa pemain yang dipanggil akan sesuai dengan kriteria yang diharapkan, termasuk tinggi badan. Seleksi pemain diaspora direncanakan akan dilakukan pada bulan April 2024, asalkan tidak ada kendala yang menghambat proses tersebut.

Rencana ini menjadi bagian dari fokus Nova dalam menyeleksi pemain dari berbagai provinsi Indonesia, yang saat ini sedang berada dalam fase ketiga.

Sebelumnya, pada fase pertama 34 pemain dan fase kedua 32 pemain telah dipanggil. Seleksi ini diadakan sebagai persiapan Timnas Indonesia U-16 menghadapi Piala AFF U-16 2024 pada Juni mendatang, dan Kualifikasi Piala Asia U-17 2025 pada pertengahan tahun ini.

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts