Nova Terapkan Filosofi STY Pada Timnas U-16

ZQSCORE.NEWS – Timnas U-16 Indonesia bersiap tempur di turnamen ASEAN CUP U-16 2024 yang akan digelar di Solo, Jawa Tengah, dari 21 Juni hingga 4 Juli 2024.

Tim Garuda Muda ini tergabung di Grup A bersama Laos, Filipina, dan Singapura. Pelatih timnas U-16 Indonesia, Nova Arianto, telah memilih 23 pemain terbaiknya untuk tampil di turnamen ini.

Nova Arianto mengaku akan menerapkan filosofi permainan dari pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong. Hal ini tak lepas dari pengalamannya sebagai asisten pelatih Shin Tae-yong selama ini.

“Intinya hampir sama menyerupai secara filosofi bermain,” kata Nova Arianto.

Salah satu ciri khas filosofi Shin Tae-yong adalah penggunaan formasi 3-4-3 Formasi ini pun kemungkinan besar akan diterapkan Nova Arianto di timnas U-16 Indonesia.

“Mengenai formasi kita lihat saja nanti. Kami juga sudah menyiapkan beberapa formasi karena melihat lawannya juga,” jelas Nova.

Meskipun berstatus sebagai juara bertahan, PSSI tidak memberikan target khusus untuk timnas U-16 Indonesia di turnamen ini. Nova Arianto pun hanya meminta anak-anak asuhnya untuk fokus di setiap pertandingan.

“Sama sekali tidak jadi bebas. Ini menjadi motivasi saya karena saya mau pemain bisa berproses dan menikmati setiap pertandingan,” ujar Nova.

Nova Arianto berharap timnas U-16 Indonesia mendapatkan dukungan penuh dari suporter di tanah air, terutama saat berlaga di kandang sendiri di Stadion Manahan.

“Dukungan suporter itu sangat penting bagi kami. Saya harap suporter bisa datang ke stadion dan memberikan dukungan penuh kepada para pemain,” harap Nova.

Timnas U-16 Indonesia akan memulai perjalanannya di ASEAN Cup U-16 2024 dengan menghadapi Laos pada 21 Juni 2024.

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts