Pertahanan Timnas Indonesia di sorot media Vietnam

ZQSCORE.NEWS – Usai laga Timnas melawan Irak pada pertandingan perdana Grup D Piala Asia 2023 Senin 15/1/24 yang dimenangkan oleh Irak dengan skor 1-3, media Vietnam SOHA menyoroti pertahanan keropos Timnas Indonesia.

Menurut Soha, Indonesia sejatinya tampil lumayan bagus namun harus berakhir dengan kekalahan 1-3 karena kesalahan di lini belakang Indonesia.

Media Vietnam itu juga menyebut Indonesia mengalami perubahan cukup besar setelah kalah 1-5 dari Irak di kualifikasi Piala Dunia 2026 pada November silam.

Kehadiran para pemain naturalisasi yang bermain di Eropa ikut membantu Indonesia tampil lebih semangat.

Pada menit kelima Indonesia bahkan nyaris mencetak keunggulan via tendangan Marselino Ferdinan yang masih membentur mistar gawang Irak.

“Namun, tepat di saat semangat pemain sedang tinggi, tim asuhan pelatih Shin Tae Yong harus mengakui kekalahan yang tidak menguntungkan. Kesalahan langsung dilakukan Justin Hubner dan Elkan Baggott di momen ini,” tulis Soha.

“Justin Hubner gagal menghalau umpan pemain Irak sementara Elkan Baggott melakukan blok dengan ragu-ragu dan membuat Mohanad Ali dengan nyaman meloloskan diri dan menaklukkan kiper untuk membuka keunggulan,” lanjut Soha dalam analisisnya.

Indonesia sempat bangkit dan sukses menyamakan skor berkat kerja sama apik Yakob Sayuri dan Marselino Ferdinan di menit ke-37.

“Sayang, momen kurang konsentrasi kembali membuat Indonesia gagal mempertahankan babak pertama dengan hasil imbang. Tepat di menit-menit akhir masa injury time babak pertama, Irak unggul 2-1,” tulis Soha.

“Di babak kedua, Indonesia lambat laun tak mampu lagi menjaga situasi pertahanan dengan kuat. Para pemain Irak aktif menguasai bola dengan umpan-umpan pendek sehingga menyebabkan kecepatan pertandingan berkurang.”

Striker jangkung Irak Aymen Hussein memanfaatkan keunggulan fisiknya untuk membuat bek Indonesia kewalahan dalam duel udara dan membuatnya bisa mencetak gol lewat tendangan keras ke gawang Ernando Ari pada menit ke – 75

Akibat Kekalahan ini,  Indonesia berada di dasar klasemen Grup D tanpa perolehan poin.
Tim Skuad Garuda kalah jumlah gol dari Vietnam yang menghuni posisi ketiga.
Sebelumnya Vietnam takluk 2-4 dari Jepang di laga perdana.

Selanjutnya, Vietnam akan bersua Indonesia di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar, pada Jumat (19/1). Duel kedua tim bisa menentukan siapa yang akan tersingkir lebih cepat.

foto cover : IFA

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts