PSSI Dorong Naturalisasi Maarten Paes untuk Perkuat Timnas Indonesia

ZQSORE.NEWS – PSSI terus berupaya mempercepat proses naturalisasi Maarten Paes, kiper FC Dallas, agar segera dapat membela Timnas Indonesia. Hal ini dilakukan untuk memperkuat skuad Garuda yang akan menghadapi dua laga krusial di Grup F putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Timnas Indonesia dijadwalkan bertemu Irak di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta Pusat, pada Kamis, 6 Juni 2024.
Lima hari kemudian, tim asuhan Shin Tae-yong akan menjamu Filipina di lokasi yang sama. Saat ini, Indonesia berada di posisi kedua klasemen Grup F dengan tujuh poin, di bawah Irak yang mengoleksi sembilan poin. Vietnam berada di posisi ketiga dengan tiga poin, sementara Filipina menjadi juru kunci dengan satu poin.

Satu kemenangan lagi akan memastikan Indonesia lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Oleh karena itu, kehadiran Maarten Paes sebagai kiper potensial diharapkan dapat menjadi tambahan kekuatan yang signifikan bagi tim Merah Putih.

Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Arya Sinulingga, mengungkapkan melalui akun Instagram pribadinya bahwa proses naturalisasi Maarten Paes sedang diupayakan semaksimal mungkin.

“Doakan secepatnya, ada proses yang baik, sehingga Maarten Paes bisa menjadi pemain timnas. Membela Merah Putih,” ujar Arya pada awak Media Sabtu, 25 Mei 2024.

Namun, proses naturalisasi Maarten Paes menghadapi kendala karena aturan FIFA. Kiper berusia 26 tahun ini pernah membela timnas U-21 Belanda pada ajang Kualifikasi Piala Eropa U-21 2021 ketika usianya sudah 22 tahun. Menurut regulasi FIFA, seorang pemain hanya bisa berganti tim nasional jika terakhir kali bermain di tim junior atau senior sebelum usia 21 tahun.

Arya Sinulingga menjelaskan bahwa kasus Maarten Paes kini sedang didorong ke Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS).

“Kenapa sampai dia bermain di usia 22 tahun untuk Belanda, dan ini sudah kami konfirmasi ke KNVB Belanda jadi ada syaratnya,” ujar Arya.

Status Paes yang kini sudah menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) diharapkan memuluskan persidangan di CAS nanti.

Maarten Paes resmi menjadi WNI pada Selasa, 30 April 2024. Langkah ini diambil agar Indonesia memiliki dasar kuat untuk mengajukan kasus ini ke CAS.

“Makanya kemarin Maarten Paes kami masukan dan menjadi Warga Negara Indonesia, apalagi Maarten Paes sangat ingin menjadi warga negara Indonesia, dan membela timnas,” jelas Arya.

Dengan langkah ini, PSSI berharap bisa memanfaatkan celah yang ada dalam regulasi FIFA untuk memungkinkan Maarten Paes membela Timnas Indonesia.

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts