Shin Tae Yong melayangkan kritik pedas kepada AFC

ZQSCORE.NEWS – Timnas Indonesia kalah 1-3 dari Irak pada pertandingan perdana Grup D Piala Asia 2023 di Stadion Ahmad bin Ali, Al Rayyan, Qatar, Senin (15/1).

Irak berhasil unggul 1-0 pada menit ke-17 lewat gol Mohanad Ali. Indonesia kemudian mampu menyamakan skor menjadi 1-1 lewat gol Marselino Ferdinan usai meneruskan umpan Yakob Sayuri pada menit ke-36.

Irak kembali unggul 2-1 pada menit ke-45+6 lewat gol Osamah Jabbar Rashid. Namun gol kedua Irak ini berbau kontroversi karena ada momen pemain Irak yaitu Mohanad Ali offside sebelum Rashid mencetak gol tersebut.
Indonesia akhirnya kalah 1-3 setelah Irak berhasil menambah keunggulan lewat gol Aymen Hussein pada menit ke-75.

Shin Tae Yong melayangkan kritik pedas kepada AFC atas kepemimpinan buruk wasit yang mengesahkan gol kontroversial Irak ke gawang Indonesia di Piala Asia 2023.

Namun  Shin Tae Yong mengaku kecewa terhadap keputusan wasit asal Uzbekistan Ilgiz Tantashev. Kinerja buruk wasit dinilai bisa menurunkan pamor Piala Asia.

Tak hanya itu, citra AFC sebagai penyelenggara juga ikut jelek karena dinilai tak mampu menggelar turnamen dengan baik. Mengesahkan gol kedua Irak dianggap sebagai hal yang memalukan Piala Asia.

“Seperti yang saya katakan sebelumnya gol kedua mengubah permainan kami dan seperti yang Anda katakan teknis baru dan semua teknologi tertinggi diperlukan di pertandingan ini dan tetap saja, keputusan terakhir ditentukan oleh wasit.” Ujar Shin Tae yong.

“Jadi, ini adalah ketidakberuntungan. Saya harap ini tidak akan terjadi lagi. Jadi, sekali lagi, saya sangat menyesal dan saya sangat malu dengan gol kedua [Irak],” kata STY menambahkan.

Pelatih asal Korea Selatan itu berharap kesalahan fatal wasit tidak terulang di pertandingan selanjutnya di Piala Asia 2023.

Foto cover : PSSI

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts