Timnas Indonesia tersingkir dari 16 besar

ZQSCORE.NEWS – Akhirnya Timnas Indonesia dipastikan angkat koper setelah tersingkir di 16 besar Piala Asia 2023  dikalahkan Australia 0-4 di Stadion Jassim bin Hamad, Al Rayyan, Minggu (28/1).

Dua gol kemenangan Australia ke gawang Indonesia tercipta di babak pertama.
Meski tertinggal dua gol, Timnas Indonesia lebih menguasai laga dan banyak peluang untuk mengancam gawang Australia.

Australia mengawali keunggulan melalui gol bunuh diri Elkan Baggott. Gol Australia terbilang beruntung setelah bola umpan silang Jakcson Irvine mengenai Baggott dan berubah arah hingga masuk ke gawang Ernando Ari.




REUTERS/IBRAHEEM AL OMARI

Pada menit ke-23. Permainan umpan-umpan pendek tim Garuda dimanfaatkan Justin Hubner untuk melepaskan tendangan dari luar kotak penalti. Sayang, tendangan Hubner masih lemah dan bisa dengan mudah diantisipasi kiper Australia Matt Ryan.

Timnas Indonesia mendapat  dua peluang yaitu pada menit ke-39 melalui Yakob Sayuri dan Marselino Ferdinan menit ke-41, namun saying kedua peluang yang dimiliki Indonesia masih melambung.

Gawang Indonesia kembali kebobolan pada menit ke-45 melalui Martin Boyle. Lolos dari kawalan Asnawi, Boyle dengan bebas menyundul bola hasil umpan silang Gethin Jones dari sisi kanan.
Skor pun berubah menjadi 2-0 untuk Australia bertahan hingga akhir babak pertama.

Di awal babak kedua tempo permainan sedikit menurun. Australia yang sudah unggul dua gol terlihat kurang agresif dalam membangun serangan dan lebih mengandalkan permainan fisik.

Peluang emas di babak kedua baru terjadi pada menit ke-81 ketika Mitchell Duke berhasil lolos dari kawalan Elkan Baggott. Beruntung bagi Indonesia, Duke tidak mampu melakukan penyelesaian akhir meski tinggal berhadapan dengan Ernando Ari setelah tendangannya melambung.

Pada menit ke-89 Australia menambah keunggulan lewat gol Craig Goodwin. Berawal dari sundulan Irvine yang sukses diblok Ernando Ari, Goodwin yang tidak terkawal berhasil melepaskan tendangan yang membobol gawang Indonesia skor bertambah menjadi 3 – 0.

Saat injury time babak kedua berjalan satu menit gawang Indonesia kebobolan untuk kali keempat melalui sundulan Harry Souttar menerima umpan tendangan bebas Goodwin.

Skor 4-0 untuk Australia bertahan hingga laga usai.

Di babak perempat final Piala Asia 2023, Jumat (2/2), Australia akan menghadapi pemenang antara Arab Saudi vs Korea Selatan.

Foto Cover : REUTERS/MOLLY DARLINGTON

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts