Timnas U-16 Indonesia Siap Berlaga di ASEAN Cup U-16 2024

ZQSCORE.NEWS – Timnas U-16 Indonesia akan memulai perjuangannya di ASEAN Cup U-16 2024 dengan menghadapi Singapura pada pertandingan pertama. Laga ini dijadwalkan berlangsung pada tanggal 21 Juni 2024 pukul 19.30 WIB di Stadion Manahan, Surakarta. Dalam turnamen ini, Timnas U-16 Indonesia tergabung di Grup A bersama dengan Laos, Filipina, dan Singapura.

Persiapan intensif telah dilakukan oleh Timnas U-16 Indonesia untuk menghadapi turnamen ini. Di bawah arahan pelatih Nova Arianto, tim telah menjalani pemusatan latihan yang disertai dengan berbagai uji coba untuk meningkatkan performa dan kekompakan tim.

“Ya, kami fokus lagi dan terus menjalani pemusatan latihan. Progres dari tim U-16 ini sudah cukup baik, saat ini tim berada di 75 persen persiapan sebelum maju ke ASEAN Boys Championship U-16 tanggal 21 Juni,” ungkap Nova Arianto beberapa hari lalu melalui laman resmi PSSI.

Nova Arianto mengakui bahwa meskipun persiapan sudah mencapai 75 persen, masih ada beberapa aspek yang perlu diperbaiki dalam waktu yang tersisa. Salah satu perhatian utama adalah inkonsistensi performa pemain selama pertandingan uji coba.
Dari tujuh kali uji coba yang telah dilakukan, pemain menunjukkan performa yang bervariasi, baik dalam hal positif maupun negatif.

“Evaluasi dari beberapa kali uji coba, sekitar tujuh kali uji coba yang sudah kita lakukan adalah pemain memang belum stabil. Maksudnya di salah satu pertandingan mereka bisa bermain baik, dan di pertandingan lain kurang baik. Itu yang menjadi catatan kami tim pelatih,” jelas Nova.

Selain aspek teknis dan taktis, Nova juga menyoroti pentingnya kesiapan mental para pemain. Tim psikologi juga telah terlibat dalam pemusatan latihan untuk membantu pemain mengatur mental mereka agar lebih stabil saat menghadapi tekanan pertandingan.

“Secara mental, pemain belum bisa mengatur mentalnya. Sehingga itu juga yang harus kita perbaiki,” tambahnya.

Dalam hal strategi, Nova dan tim pelatih terus berupaya memantapkan formasi yang akan digunakan dalam pertandingan nanti. Pemilihan formasi yang tepat akan menjadi kunci untuk mengoptimalkan potensi setiap pemain dan meraih hasil maksimal di turnamen ini.

Dengan persiapan yang terus dilakukan dan semangat juang yang tinggi, Timnas U-16 Indonesia diharapkan dapat memberikan performa terbaiknya di ASEAN Cup U-16 2024. Dukungan dari seluruh masyarakat Indonesia tentunya akan menjadi motivasi tambahan bagi para pemain muda ini untuk meraih prestasi dan mengharumkan nama bangsa di kancah internasional.

Foto : DOk.PSSI

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts