Wasit Omar Al-Ali kembali Jadi Wasit Pimpin Laga Indonesia VS China

ZQSCORE.NEWS – Pertandingan lanjutan Grup C ronde ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia antara Timnas China dan Timnas Indonesia yang akan digelar di Qingdao Youth Football Stadium, Selasa (15/10/2024), menyita banyak perhatian. Salah satu faktor yang mencuat adalah wasit asal Uni Emirat Arab, Omar Mohammed Al-Ali, yang akan memimpin laga ini. Media China, Sohu, menyoroti rekor bagus yang dimiliki Omar saat memimpin laga-laga tim dari Negeri Tirai Bambu.

Menurut laporan Sohu, China tidak pernah kalah dalam pertandingan apa pun yang dipimpin oleh Omar Mohammed Al-Ali. Wasit berusia 36 tahun tersebut sudah beberapa kali memimpin laga yang melibatkan timnas China di berbagai ajang internasional, baik di level tim nasional maupun klub. Hal ini dinilai memberikan keuntungan psikologis bagi skuad asuhan Branko Ivankovic.

Tak hanya itu, satu-satunya kemenangan China di bawah kepemimpinan Ivankovic selama babak kualifikasi ini juga terjadi ketika Omar menjadi wasit. Pada Maret 2024, China berhasil mengalahkan Singapura dengan skor 4-1 di ajang Kualifikasi Piala Dunia 2026, dan kemenangan tersebut dipimpin oleh Omar. Kemenangan ini, meski datang beberapa bulan yang lalu, tetap menjadi motivasi penting bagi tim Naga di tengah performa buruk yang mereka alami di babak kualifikasi ini.

“Kualitas dan kinerja terdahulu Omar tidak diragukan lagi akan menambah keuntungan psikologis bagi tim China,” tulis Sohu. Kombinasi antara pengalaman Omar dengan dukungan penuh dari suporter tuan rumah diyakini dapat menguntungkan China di laga krusial ini.

China sendiri saat ini berada dalam kondisi terpuruk setelah menelan tiga kekalahan beruntun di babak kualifikasi. Mereka dihancurkan Jepang 0-7, kalah dari Arab Saudi 1-2, dan kembali takluk dari Australia 1-3. Hasil ini membuat China mendekam di dasar klasemen Grup C tanpa mengoleksi satu pun poin. Tekanan besar ada di pundak pelatih Branko Ivankovic dan anak asuhnya untuk segera bangkit.

Pertandingan melawan Indonesia dipandang sebagai kesempatan besar bagi China untuk kembali ke jalur kemenangan dan memulihkan rasa percaya diri mereka. Namun, meski memiliki rekor positif di bawah Omar Al-Ali, China tetap harus waspada. Media China, termasuk Sohu, memperingatkan agar tim Naga tidak memandang Indonesia sebelah mata.

“Dalam misi lolos ke Piala Dunia, Indonesia telah mendatangkan banyak pemain berkualitas dari Eredivisie Belanda,” tulis Sohu. “Kekuatan komposisi pemain mereka juga meningkat secara signifikan.”

Indonesia belum terkalahkan dalam tiga pertandingan mereka di babak kualifikasi ini, dan meskipun belum mencatatkan kemenangan, mereka mengumpulkan tiga poin hasil dari tiga kali imbang. Ini menjadi sinyal kuat bahwa Indonesia adalah lawan yang tidak boleh diremehkan, dan China perlu mewaspadai kejutan yang mungkin diberikan oleh skuad Garuda.

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts