Berawal Dari Brasil Sampai Bisa Bela Timnas Indonesia U17

ZQSCORE.NEWSWelber Jardim tak pernah berpikir bisa berlaga di Piala Dunia U-17 bersama Indonesia. Dia berkisah bahwa rekan-rekan setimnya di Sao Paulo sampai menggila.

Indonesia diperkuat oleh tiga pemain diaspora di Piala Dunia U-17 2023. Welber Jardim, Ji Da-bin, dan Amar Brkic merupakan ketiga pemain itu.

Tambahan pemain diaspora diperlukan Garuda Muda menyusul hasil tak maksimal saat dihajar oleh Barcelona Juvenil A 3-0. Wacana untuk menggunakan pemain Diaspora pun muncul saat seleksi terbuka di seluruh Indonesia.

Jardim dan Ji Da-bin sudah bermain saat Indonesia bermain 1-1 melawan Ekuador. Di Stadion Gelora Bung Tomo, pada pekan lalu, Jardim bermain penuh mengawal sisi kanan pertahanan Indonesia.

Sebelum bergabung dengan skuad asuhan Bima Sakti, Jardim kurang dikenal. Kini, pemain 16 tahun itu sudah mempunyai followers di Instagram sebanyak 70 ribu lebih.

“Ini dari nol sampai seperti ini. Sebuah ledakan (kini dia mempunyai followers instagram sebanyak 70.400). Dan itu saat orang mulai bilang bahwa mereka membutuhkan saya bermain di Piala Dunia. Pertama-tama saya berpikir itu hanya omongan saja. ‘Kalau mereka menginginkan saya, kita tunggu saja yang terjadi’. Saya berpikir begitu,” kata Jardim dalam wawancara dengan FIFA+.”

Di skuad Brasil untuk Piala Dunia U-17, ada satu pemain Sao Paulo. Guilherme Fumaca yang menjadi anggota skuad tim Samba, Masuknya Jardim ke dalam skuad tim Merah-Putih, disebut pemain keturunan Brasil-Banjarmasin itu membuat rekan setimnya di Sau Paulo menggila.

“Ya, para rekan setim saya menggila. ‘Kami jelas pergi, benar? Ini Piala Dunia, kesempatan sekali dalam hidup’ kata mereka. Dan sejujurnya mereka benar. Saya bertanya pada ibu saya apakah saya harus pergi. Dia bilang: ‘Pergilah, kamu bisa berangkat’ –dan begitulah. Sudah diputuskan,” kata Jardim.

Jardim menjalani pertandingan pertama bersama Indonesia dengan cukup baik. Dia menjadi pemain yang paling sering mengirim umpan, 43 kali. Tenaga Jardim jelas sangat dibutuhkan oleh Indonesia untuk memburu kemenangan atas Panama. Laga itu akan berlangsung di Stadion GBT, Senin (13/11) malam WIB.

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *