PSSI Masih Berhati-hati Dalam Membuka Pintu Bagi Supporter Liga 1 Musim Depan

ZQSCORE.NEWS – Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, menegaskan pentingnya kehati-hatian dalam membuka pintu bagi suporter klub untuk mendukung timnya berlaga di laga tandang dalam Liga 1 2024/2025.
Menurut Erick, Indonesia masih berada dalam pengawasan FIFA pasca Tragedi Kanjuruhan, dan hingga kini, FIFA belum menyurati PSSI terkait perkembangan Transformasi Sepak Bola Indonesia.

Erick mengungkapkan bahwa musim lalu masih terjadi insiden yang melibatkan suporter sepak bola di dalam dan di luar stadion.
Ia yakin FIFA tidak menutup mata terhadap insiden-insiden tersebut.

“Kita juga gak boleh menutup mata, saya rasa beberapa pertandingan di Liga di tahun kemarin pun masih banyak isu-isu yang suporter terluka. Bahkan ada pimpinan polisi terluka,” kata Erick.

Erick juga menyoroti insiden yang merugikan masyarakat umum, seperti perusakan properti pribadi dan fasilitas umum.

“Kemarin ada masyarakat yang mobilnya plat apa, di dalamnya ada anak kecil, kacanya pecah. Ada perusakan kereta api. Saya belum mendapat surat dari FIFA,” ujar Erick pada Kamis (20/6).

Erick meminta segenap pihak untuk introspeksi diri. Ia menekankan bahwa PSSI tidak akan membuat kebijakan yang merugikan jika situasi sepak bola nasional sudah benar-benar kondusif.

Sebagai solusi sementara, PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) bersama klub-klub akan membuat inovasi dalam sistem pembelian tiket untuk meminimalisir insiden antarsuporter pada hari pertandingan.

“Nah, jadi kalau saya lebih baik kita introspeksi diri. Liga di tahun depan, bukan season ini, akan menerapkan semua sistem daripada ticketing ini sudah melakukan data yang tepat,” jelas Erick.

Ia menambahkan bahwa sistem ticketing yang akan diterapkan akan lebih terstruktur dan memungkinkan identifikasi suporter secara lebih akurat.

Erick meminta para suporter klub sepak bola Indonesia untuk bersabar. Ia menegaskan bahwa jika FIFA sudah memberikan lampu hijau, PSSI pasti akan membuka kembali kebijakan soal kehadiran suporter di laga tandang.

“Jadi kita tunggu saja seperti apa review dari FIFA, kondisi kepada suporter. Saya pasti mendukung suporter untuk bisa hadir,” ucap Erick.

Namun, Erick juga mengingatkan bahwa dengan melihat kejadian-kejadian yang masih terjadi selama musim kemarin, semua pihak perlu introspeksi diri.

“Tetapi kalau melihat dari kejadian-kejadian yang masih terjadi selama musim kemarin, saya rasa kita juga musim introspeksi diri kita belum baik-baik saja,” kata Erick menambahkan.



Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts