ASIAN GAMES 2023 BADMINTON Indonesia Gagal Rebut Medali DI Ganda Putra

ZQSCORE.NEWS – Indonesia yang selalu mencetak rekor dengan merebut medali di nomor ganda putra badminton Asian Games sejak 1962, kin terhenti setelah Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto kalah di perempat final Asian Games 2023, Kamis (5/10).

Fajar/Rian dikalahkan pasangan Taiwan Lee Yang/Wang Chi Lin 19-21 dan 18-21 pada laga di Binjiang Gymnasium, Hangzhou. Hasil ini memutuskan rekor Indonesia di nomor ganda putra badminton Asian Games.

Laga Badminton kali pertama dipertandingkan di Asian Games 1962 Jakarta, saat itu pasangan ganda Tan Joe Hok/Liem Theng Kiang menyabet medali perak karena kalah dari Malaysia final Asian Games 1962.
Sedangkan pasangan Tutang Djamaluddin/Abdul Patah Unang menyabet perunggu.

Medali emas pertama dari ganda putra Indonesia di Asian Games baru diraih pada 1974 oleh pasangan Tjun Tjun/Johan Wahjudi.

Saat itu bahkan jadi All Indonesian Final pertama ganda putra Indonesia di Asian Games yang mempertemukan Tjun Tjun/Johan Wahjudi melawan Christian Hadinata/Ade Chandra.

Ganda putra Indonesia semakin tak terbendung di Asian Games. Sebab sejak emas pertama pada 1974, Indonesia menyabet prestasi serupa pada Asian Games 1978 dan Asian Games 1982.

Sempat absen emas di dua edisi berikutnya, ganda putra Indonesia kembali berjaya di Asian Games 1994 dan 1998 berkat pasangan Rexy Mainaky/Ricky Subagja dengan torehan dua medali emas beruntun.

Setelah itu Indonesia kembali absen dalam torehan emas, namun memperoleh perak dan perunggu.
Barulah di Asian Games 2010, pasangan Markis Kido/Hendra Setiawan mengembalikan kejayaan dengan prestasi emas.

Pada Asian Games 2014 tim Indonesia, Hendra Setiawan yang berpasangan denga Mohammad Ahsankembali mendapatkan emas.

Saat Indonesia jadi tuan rumah Asian Games pada 2018, ganda putra Indonesia kembali jadi penyelamat badminton Merah Putih.

Pasangan Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo meraih medali emas setelah mengalahkan sesama wakil Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto.

Sayangnya di Asian Games 2023 ini tak ada satupun medali diperoleh dari ganda putra Indonesia. Dua pasangan yang dikirim, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardhianto dan Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin sama-sama gagal melaju ke babak perebutan medali.

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts