KONI Pusat Resmikan Tiga Cabang Olahraga Baru dan Matangkan Persiapan PON XXI di Rakernas 2024

ZQSCORE.NEWS – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat telah meresmikan kehadiran tiga cabang olahraga baru dan mematangkan persiapan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) 2024. Pengesahan ini dilakukan dalam penutupan Rakernas KONI Pusat 2024 yang berlangsung di Hotel Pullman, Grogol, Jakarta Barat, pada Rabu (3/7/2024) malam.

Ketua Umum KONI Pusat, Marciano Norman, mengumumkan tiga cabang olahraga baru yang resmi menjadi anggota KONI Pusat. Ketiga cabang olahraga tersebut adalah Teqball, Lari Trail, dan Padel. Marciano menjelaskan bahwa pengesahan ini dilakukan karena melihat potensi perkembangan yang pesat dari ketiga cabang olahraga tersebut.

“Kami tidak bisa menutup mata terhadap tiga cabang olahraga yang berkembang sangat pesat di luar. Oleh karena itu, kami memberikan kesempatan mereka menjadi anggota KONI sambil memenuhi persyaratan-persyaratan yang ditentukan,” ujar Marciano.

Rakernas KONI Pusat 2024 juga membahas persiapan untuk PON XXI yang akan diselenggarakan di Aceh dan Sumatera Utara mulai 8 hingga 20 September 2024. Dengan tajuk ‘Dengan Semangat Bersatu Kita Juara, Sukseskan PON XXI/2024 Aceh-Sumut’, Rakernas berfokus pada pemantapan koordinasi untuk memastikan kelancaran pelaksanaan PON.

Marciano menekankan pentingnya persiapan venue-venue PON XXI yang diharapkan dapat rampung pada bulan Juli 2024. Ia juga meminta Panitia Besar PON XXI Aceh-Sumatera Utara untuk mengundang Technical Delegate guna memastikan bahwa venue-venue yang dibangun sesuai dengan ketentuan, sehingga rekor-rekor yang dipecahkan nantinya dapat diakui.

“Dari Rakernas tadi semangatnya adalah kami melakukan penyempurnaan-penyempurnaan agar PON ke-21 2024 ini berjalan dengan baik. Sampai saat ini, ada beberapa venue yang belum selesai, namun kami harapkan pada akhir bulan Juli 2024 itu semua bisa selesai,” jelas Marciano.

Selain meresmikan tiga cabang olahraga baru, Rakernas KONI Pusat 2024 juga menyambut kehadiran anggota daerah baru, yakni KONI Ibu Kota Negara (IKN). Marciano menyatakan bahwa kehadiran KONI IKN akan memperkuat organisasi KONI ke depan.

“Dalam Rakernas ini ada beberapa keputusan yang telah diambil demi menyempurnakan organisasi kami ke depan. KONI Pusat menerima satu KONI baru di IKN,” kata Marciano.

Berikut hasil Rakernas KONI Pusat 2024 :

  • Menerima laporan program kerja dan rencana KONI 2024,
  • Menerima laporan program kerja dan rencana BAORI 2024,
  • Menugaskan tim penyempurnaan Anggaran Dasar/ Anggaran Rumah Tangga (AD/ART)
  • Menerima beberapa anggota KONI Pusat yakni, KONI IKN Nusantara, Perkumpulan Besar Padel Indonesia (PBPI) yang dipimpin Galih Kartasasmita, Pengurus Pusat Persatuan Olahraga Teqball Seluruh Indonesia (PP.POTSI) yang dipimpin Jovinus Carolus Legawa, Pengurus Pusat Asosiasi Lari Trail Indonesia (PP.ALTI) yang dipimpin Bima Arya, dengan syarat harus segera menyelesaikan syarat keorganisasian paling lambat satu tahun.
  • PB.PON XXI wilayah Aceh dan Sumut melakukan optimalisasi,
  • Keabsahan agar di optimalisasi dengan akses dapat dilihat,
  • Memastikan tim kesehatan sesuai standar cabang olahraga,
  • PON XXI Aceh-Sumut sebagai PON prestasi sehingga KONI Pusat perlu melakukan evaluasi dengan adanya sistem degradasi,
  • Visa Sport tidak diberlakukan ketika event olahraga prestasi di Indonesia,
  • PON XXII/2028 NTB-NTT dikhususkan untuk cabang olahraga olimpiade.
    Total
    0
    Shares
    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Related Posts