Jelang laga Kontra Irak dan Filipina, STY lakukan Perombakan Besar

ZQSCORE.NEWS – Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong, melakukan perubahan besar dalam skuadnya menjelang pertandingan melawan Irak dan Filipina di Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026. Sebanyak 11 pemain yang sebelumnya dipanggil saat melawan Vietnam kini tidak termasuk dalam daftar terbaru. Sebagai gantinya, Shin Tae-yong telah memanggil 22 pemain yang diyakininya lebih siap untuk menghadapi dua laga krusial ini.

Di posisi penjaga gawang, Shin Tae-yong mengambil langkah drastis dengan mencoret tiga kiper sekaligus: Nadeo Argawinata (Borneo FC), Syahrul Trisna (Persikabo 1973), dan Muhammad Riyandi (Persis).
Sebagai pengganti, juru taktik asal Korea Selatan itu memilih dua kiper muda dari timnas U-23, Ernando Ari dan Muhammad Adi Satryo, untuk memperkuat pertahanan timnas Indonesia.

Sedangkan dua pilar pertahanan juga terdepak dari skuad Garuda. Wahyu Prasetyo (PSIS) dan Edo Febriansah (Persib) tidak lagi termasuk dalam daftar pemain. Hal ini dikarenakan kembalinya Jordi Amat dan Shayne Pattynama yang sebelumnya absen saat melawan Vietnam. Dengan adanya Amat dan Pattynama, lini belakang Indonesia diharapkan bisa tampil lebih solid.


Pada lini tengah, tiga pemain Liga 1 yaitu Marc Klok (Persib), Rachmat Irianto (Persib), dan Arkhan Fikri (Arema) juga dicoret. Untuk lini penyerangan, Shin Tae-yong menyingkirkan Witan Sulaeman (Bhayangkara), Ramadhan Sananta (Persis), dan Hokky Caraka (PSS). Witan diketahui sedang dalam persiapan untuk ibadah Haji, sehingga tidak bisa ikut serta dalam pertandingan mendatang.

Indonesia dijadwalkan menjalani dua pertandingan terakhir Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 dengan menghadapi Irak pada 6 Juni dan Filipina pada 11 Juni 2024. Kedua pertandingan tersebut akan berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta Pusat. Shin Tae-yong menargetkan kemenangan pada dua laga ini untuk memastikan posisi Indonesia di kualifikasi.

“Saya akan berpesan kepada pemain untuk menang pada dua pertandingan,” tegas Shin Tae-yong dengan optimisme tinggi.

Sebelum menghadapi laga resmi, skuad timnas Indonesia akan menjalani laga uji coba melawan Tanzania pada Minggu, 2 Juni 2024.
Pertandingan ini diharapkan bisa menjadi pemanasan yang baik dan memberikan gambaran strategi yang akan digunakan saat melawan Irak dan Filipina.

Berikut adalah daftar lengkap 11 pemain yang dicoret oleh Shin Tae-yong:


Nadeo Argawinata (Borneo FC)
Syahrul Trisna (Persikabo 1973)
Muhammad Riyandi (Persis)
Wahyu Prasetyo (PSIS)
Edo Febriansah (Persib)
Arkhan Fikri (Arema)
Marc Klok (Persib)
Rachmat Irianto (Persib)
Witan Sulaeman (Bhayangkara)
Ramadhan Sananta (Persis)
Hokky Caraka (PSS)

Ketua Badan Tim Nasional, Sumardji, menyatakan bahwa daftar 22 pemain yang dirilis masih mungkin berubah.

“Dari 22 nama itu dimungkinkan masih akan berubah,” ucapnya, memberikan sedikit ruang untuk kemungkinan penyesuaian lebih lanjut.

    Daftar 22 pemain timnas Indonesia untuk melawan Irak dan Filipina:

    Kiper: Ernando Ari (Persebaya), M Adi Satryo (PSIS)

    Bek: Jordi Amat (JDT), Justin Hubner (Cerezo Osaka), Rizky Ridho (Persija), Muhammad Ferarri (Persija), Jay Idzes (Venezia FC)

    Sayap: Pratama Arhan (Suwon FC), Shayne Pattynama (KAS Eupen), Sandy Walsh (KV Mechelen), Yance Sayuri (PSM), Asnawi Mangkualam (Port FC), Nathan Tjoe-A-On (SC Heerenveen), Yakob Sayuri (PSM)

    Gelandang: Thom Haye (SC Heerenveen), Ricky Kambuaya (Dewa United), Ivar Jenner (FC Utrecht), Marselino Ferdinan (KMSK Deinze)

    Penyerang: Dimas Drajad (Persikabo), Ragnar Oratmangoen (Fortuna Sittard), Egy Maulana Vikri (Dewa United), Rafael Struick (ADO Den Haag)

    Total
    0
    Shares
    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Related Posts