Penggunaan Teknologi VAR di Liga Indonesia Baru Langkah Menuju Peningkatan Kualitas Sepak Bola

ZQSCORE.NEWS – PT Liga Indonesia Baru (LIB) memperkenalkan teknologi Video Assistant Referee (VAR) dalam kompetisi resmi melalui laga final EPA U-20 Liga 1 2023/2024, yang mempertemukan Persita Tangerang vs Persis di Stadion Manahan Solo, Jawa Tengah pada Kamis, 7 Maret 2024.

Asep Saputra, Direktur Operasional PT LIB, menjelaskan bahwa pengenalan VAR ini merupakan langkah trial, bukan penetapan, dengan harapan dapat menghadirkan perbaikan signifikan dalam sepak bola Indonesia.

Asep Saputra menegaskan bahwa keputusan ini tidak diambil secara terburu-buru, dengan alasan bahwa PT LIB tidak ingin menerapkan VAR di Liga 1 atau Liga 2 sebelum teknologi ini dianggap sempurna.
Rencananya, VAR akan mulai digunakan pada babak Championship Series Liga 1 2023/2024 yang akan dimulai pada bulan Maret mendatang.

“Dalam penerapan VAR ini, PT LIB bekerja sama dengan Hawk-eye,” ujar Asep Saputra.

“Hadir juga Lewis dari Hawk-eye untuk pengenalan VAR di turnamen ini. FIFA Project Manager seharusnya juga hadir, namun karena ada tugas dari FIFA, mereka tidak berbicara dengan media.” tambahnya.

Asep Saputra juga menjelaskan alasan pemilihan laga final EPA U-20 sebagai uji coba VAR, karena turnamen ini memiliki cakupan pembinaan (EPA) namun klubnya berada dalam Liga 1, sehingga menjadi momentum yang tepat untuk melakukan trial.

Project Manager Tech, M. Syafiq Bahanan, menyampaikan keyakinannya bahwa persiapan yang matang telah dilakukan untuk menerapkan VAR di Liga 1 2023/2024.
Syafiq menyebutkan bahwa wasit yang bertugas sudah terstandarisasi oleh Hawk-eye dan FIFA setelah menjalani pelatihan intensif selama 6-7 bulan terakhir.

“Harapannya kami bisa memberikan yang terbaik dalam uji coba di final EPA ini. Persiapan SDM (sumber daya manusia) telah dilakukan sejak Agustus, melibatkan training operator dan simulator dengan partisipasi seluruh wasit dan Ass VAR. Semua ini sebagai upaya kami untuk mencapai pemahaman yang seragam dan memberikan kontribusi positif terhadap peningkatan kualitas sepak bola Indonesia.” ungkap M. Syafiq Bahanan.

Meskipun implementasi VAR pada Championship Series Liga 1 diundur hingga bulan Juni mendatang untuk memastikan segala hal tersusun dengan baik, PT LIB berharap uji coba VAR di final EPA U-20 dapat berjalan lancar dan menjadi langkah awal menuju perbaikan signifikan dalam sepak bola Indonesia.

foto : BOLASPORT.COM/ABDUL ROHMAN

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts