Baru Menang Sekali, Man United Masih Punya Peluang Masuk 16 Besar?

ZQSCORE.NEWSManchester United akhirnya meraih kemenangan pertama di Liga Champions 2023/2024. Menjamu FC Copenhagen di Old Trafford pada matchday ketiga Grup A Liga Champions, Rabu (25/10/2023) dini hari WIB, MU menang 1-0.

Gol tunggal penentu kemenangan Manchester United dicetak oleh Harry Maguire pada menit ke-72, Andre Onana pun ikut menjadi pahlawan setelah menepis penalti Jordan Larsson pada pengujung laga.

Setelah kalah 3-4 di kandang Bayern Munchen, kemudian dipermalukan Galatasaray dengan skor 2-3 di Old Trafford, MU akhirnya menang.

Namun, situasi pasukan Erik ten Hag masih jauh dari kata aman. Berdasarkan statistik UEFA, Setan Merah cuma punya peluang sebesar 22 persen untuk lolos ke babak selanjutnya.

Hingga matchday ketiga, Man United baru mengoleksi tiga poin. MU berada di belakang Bayern Munchen yang sudah punya 9 poin, dan Galatasaray yang punya empat poin.

Menurut statistik UEFA, dari 98 situasi di mana tim hanya mampu mengumpulkan tiga poin sampai matchday ketiga, hanya 22 persen peluang berhasil lolos dari lubang jarum.

Salah satu tim yang pernah lolos dari situasi seperti Man United pada musim ini adalah Bayer Leverkusen. Wakil Jerman itu pernah melakukannya di fase grup Liga Champions 2016/2017.

Musim itu, Leverkusen tergabung di Grup E bersama CSKA Moscow, AS Monaco, dan Tottenham Hotspur.

Leverkusen hanya mampu mengumpulkan tiga poin hingga matchday ketiga. Tiga poin itu diraih Leverkusen setelah berturut-turut main imbang melawan CSKA Moscow, AS Monaco, dan Tottenham Hotspur.

Namun, Leverkusen kemudian menang 1-0 saat menghadapi Tottenham Hotspur pada matchday keempat, kemudian imbang 1-1 di markas CSKA Moscow, dan mengakhiri kiprahnya dengan kemenangan 3-0 atas Monaco pada laga terakhir.

Leverkusen akhirnya finis dengan 10 poin di peringkat dua. Leverkusen lolos bersama Monaco, yang finis dengan 11 poin.

MU di Grup A Liga Champions 2023/2024

Matchday 1: Bayern Munchen 4-3 MU
Matchday 2: MU 2-3 Galatasaray
Matchday 3: MU 1-0 Copenhagen
Matchday 4: Copenhagen vs MU
Matchday 5: Galatasaray vs MU
Matchday 6: MU vs Bayern Munchen.

Tiga laga tersisa MU di grup ini adalah tandang lawan Copenhagen dan Galatasaray, serta menjamu Bayern Munchen di Old Trafford.

Peluang Manchester United untuk meniru Leverkusen dan lolos ke babak gugur mungkin sedikit berat. Namun, peluang itu tidak tertutup sepenuhnya.

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts