Xabi Alonso Didapuk Menggantikan Jurgen Klopp Untuk Latih Liverpool

ZQSCORE.NEWS – Media Inggris dan para penggemar Liverpool tampaknya sudah memberikan ‘restu’ kepada Xabi Alonso untuk menggantikan Jurgen Klopp sebagai pelatih baru Liverpool setelah Klopp mengumumkan keputusannya untuk melepas jabatan pelatih di akhir musim ini.

Alonso, mantan gelandang Liverpool dan pelatih Bayer Leverkusen, mendapat dukungan kuat, bahkan dari Klopp sendiri.

Alonso, yang saat ini memimpin Bayer Leverkusen dan membawa timnya memuncaki klasemen Bundesliga dengan keunggulan lima poin atas Bayern Munchen, dianggap sebagai kandidat terfavorit.

Klopp, pelatih Liverpool yang mengumumkan keputusannya untuk mundur, memberikan pujian tinggi kepada Alonso sebagai pelatih yang luar biasa.

“Xabi melakukan pekerjaan luar biasa. Pelatih ‘dinosaurus’ seperti [Carlo] Ancelotti, [Jose] Mourinho, [Pep] Guardiola, dan saya sendiri tidak akan melakukannya [melatih] selama 20 tahun lagi, tetapi generasi berikutnya sudah ada. Menurut saya, Xabi menonjol dalam hal itu,” ujar Klopp.

Klopp menyoroti kualitas permainan yang dihasilkan oleh Alonso bersama Bayer Leverkusen, dan tidak hanya hasil yang dicapai.

“Dia adalah pemain kelas dunia, sudah seperti seorang pelatih [saat bermain], dan tim yang dia bentuk sangat luar biasa. Bukan hanya jumlah poin yang diraih, tapi juga cara mereka bermain,” tambah Klopp seperti yang dikutip dari Daily Mail.

Alonso, jika berhasil membawa Bayer Leverkusen menjadi juara Bundesliga, akan menjadi pelatih pertama sejak Klopp bersama Borussia Dortmund pada 2012 yang mampu mengalahkan Bayern Munchen. Klopp sendiri yakin dengan peluang Alonso meraih gelar tersebut dan mengakui bahwa permainan Leverkusen di bawah asuhan Alonso jauh lebih baik daripada era Dortmund yang dilatihnya.

“Kami mengalahkan Bayern karena kami bertahan dengan sangat baik dan melakukan serangan balik. Tapi Leverkusen jelas bermain lebih baik, dan ini mengejutkan, mengingat singkatnya waktu Xabi berada di sana [sejak Oktober 2022],” kata Klopp.

“Untuk kurun waktu yang singkat, dia jelas sudah membuktikan kualitasnya. Tim ini sangat selaras. Bagian kepelatihannya luar biasa. Dia melakukan pekerjaan khusus. Di Jerman, mereka berkata: ‘Wow, [Alonso] sungguh mengesankan’,” tambah Klopp.

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts