Kewajiban Pemain U-23 Dihapus di Liga 1 2023/2024 untuk Dukung Persiapan Piala Asia U-23

ZQSCORE.NEWS – Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI), telah menyetujui permintaan PT Liga Indonesia Baru (LIB) untuk menghapus kewajiban setiap klub menggunakan pemain U-23 di Liga 1 2023/2024.

Keputusan ini diambil sebagai respons terhadap penolakan beberapa klub peserta Liga 1 untuk melepas pemainnya ke Timnas U-23 Indonesia demi persiapan Piala Asia U-23 2024.

Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Arya Sinulingga, menyampaikan bahwa PSSI telah menerima surat resmi dari PT LIB yang berisi permintaan tersebut.

Surat tersebut meminta penghapusan kewajiban untuk memainkan pemain U-23 minimal selama 45 menit per pertandingan di Liga 1 2023/2024.

“Sementara di sisi lain, kami membutuhkan pemain-pemain untuk Piala Asia U-23, sehingga mereka usulan untuk dicabut, sehingga mereka bisa leluasa untuk tidak tergantung aturan memainkan pemain Indonesia yang dibawah usia 23 tahun minimal 45 menit,” kata Arya Sinulingga.

PSSI setuju dengan penghapusan regulasi tersebut, yang didasarkan pada Rapat Exco PSSI pada 20 Februari 2024. Regulasi baru ini akan berlaku mulai 1 Maret 2024 hingga berakhirnya Liga LIB di musim ini.

Arya Sinulingga berharap relaksasi aturan ini akan memberikan dampak positif bagi Timnas U-23 Indonesia.

“Diharapkan tidak ada lagi penolakan-penolakan lagi dari klub, terhadap kebutuhan pemain di klub-klub masing-masing untuk menuju pembentukan timnas U-23 Indonesia, untuk kebutuhan di Piala Asia U-23 nanti,” tambah Arya Sinulingga.

Penghapusan kewajiban ini diharapkan dapat menciptakan suasana yang baik antara klub-klub peserta Liga 1 dan PSSI, dengan fokus pada kepentingan bersama untuk mendukung Timnas U-23 Indonesia.

Arya Sinulingga juga mengingatkan bahwa semua permasalahan dapat diselesaikan secara baik-baik dan solutif demi kebaikan Timnas Indonesia dan klub-klub tersebut.

“Semua masalah bisa dibicarakan, tidak perlu jadi polemik, dan bisa dicarikan solusinya untuk semua, baik untuk klub maupun timnas,” tutup Arya Sinulingga.

foto : Vivagoal.com/Taufik Hidayat

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts